Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BCA Salurkan Dana KUR pada Petani NU di Pemalang dan Jepara

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyalurkan bantuan berupa pembinaan kepada kelompok petani NU  dan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR)  kepada kelompok Petani NU.

Bisnis.com, JAKARTA -  PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyalurkan bantuan berupa pembinaan kepada kelompok petani NU  dan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR)  kepada kelompok Petani NU.

BCA melalui program Bakti BCA bersama PT Azma Agro Nusantara melakukan pendampingan dalam rangka meningkatkan taraf hidup Petani NU di daerah Pemalang dan Jepara. 

Sektor pertanian merupakan sektor usaha yang menyerap tenaga terbesar di Indonesia. Menurut Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2017 menyebutkan, kontribusi sektor pertanian dalam penyerapan tenaga kerja mencapai 31,86% yakni sekitar 39,68 juta orang.

“Kami mencermati bahwa sektor penting yang mendukung tercapainya kedaulatan pangan salah satunya adalah sektor pertanian. Oleh sebab itu, sebagai institusi yang juga dekat dengan masyarakat, kami ingin memberikan kontribusi lebih kepada para petani di Indonesia, salah satunya untuk petani NU di daerah Pemalang dan Jepara,” urai Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Suwignyo Budiman. 

BCA juga memberikan bantuan pembinaan kepada kelompok petani NU bersama PT Azma Agro Nusantara agar dapat membantu para petani dalam menerapkan tehnik penyemaian benih Jahe Emprit, penanaman Jahe Emprit secara Organik dan pembuatan pupuk organic baik padat maupun cair.

Selain itu juga akan dibuat lahan percontohan tanaman Jahe Emprit seluas 5 hektar di daerah Jepara. Lahan ini digunakan sebagai edukasi langsung , kerja praktek, study banding serta sharing knowledge antar kelompok tani sehingga para petani bisa langsung melakukan perbandingan antara teori dan kenyataan di lapangan.

Hal ini  akan mendorong implementasi hasil pelatihan dan sosialisasi dengan gerakan menanam jahe di sentra-sentra para petani tradisional seperti Jepara dan Pemalang dengan memberikan bantuan benih Jahe Emprit Unggul dan pembuatan sentra produksi pupuk organic.

Potensi komoditas pertanian di Indonesia sangat besar untuk dikembangkan, salah satunya adalah komoditas jahe. Namun, hal ini memerlukan pengembangan terintegrasi bersama petani untuk meningkatkan produksi jahe.

“Selain untuk kesehatan, kami menyadari bahwa jahe memiliki manfaat besar lainnya bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, bahkan hingga mancanegara. Karenanya, BCA mengambil langkah untuk bersama-sama mendukung petani jahe emprit di Pemalang dan Jepara untuk menumbuhkembangkan usahanya sehingga mampu berdampak bagi kemakmuran masyarakat,” imbuh Suwignyo.  

“Tentunya kami berharap pemberian bantuan dan penyaluran kredit kepada kelompok petani Jahe ini dapat berkontribusi dalam memudahkan akses finansial untuk UMKM di bidang pertanian, dalam hal ini terkhusus bagi petani NU di Pemalang dan Jepara,” tutup Suwignyo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper