Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahun Depan, Seluruh Warga Mesuji Lampung Bisa Nikmati Air Bersih

Pemerintah Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung menargetkan penyediaan akses air bisa menjangkau seluruh wilayah kabupaten pada 2019. Pemerintah kabupaten kini mengejar penyediaan akses di 59 desa yang belum terjangkau air bersih.
Air bersih. /jibi
Air bersih. /jibi

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung menargetkan penyediaan akses air bisa menjangkau seluruh wilayah kabupaten pada 2019. Pemerintah kabupaten kini mengejar penyediaan akses di 59 desa yang belum terjangkau air bersih.

Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, Rizal Fauzi mengatakan penyediaan air bersih di 59 desa bakal dibantu pemerintah lewat Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat atau Pamsimas.

Tahun ini, Kabupaten Mesuji mendapat alokasi anggaran bantuan langsung masyarakat (BLM) untuk 24 desa dan pada 2019 diharapkan anggaran serupa mengucur ke 59 desa lainnya.

"Pemerintah daerah akan menyiapkan sharing anggaran dari APBD 2019 sesuai dengan kriteria dan juknis Pamsimas, sehingga masalah air minum dan sanitasi di daerah ini dapat lebih cepat teratasi," jelas Rizal dalam keterangan resmi, Senin (6/8/2018).

Rizal mengungkapkan, akses air bersih dan sanitasi di Kabupaten Mesuji tidak merata. Pasalnya, masih banyak penduduk yang menggunakan toilet cupluk dan kesulitan mendapatkan akses air minum yang layak. Walhasil, penduduk rentan terkena penyakit berbahaya yang timbul dari konsumsi air minum yang tidak layak.

Untuk diketahui, Pamsimas menyasar penyediaan air minum dan sanitasi bagi masyarakazt berpenghasilan rendah di kawasan perdesaan dan urban. Program ini juga bertujuan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta menunjang pengembangan air minum dan sanitasi berkelanjutan.

Koordinator Provinsi Pamsimas Lampung, Robert Irwan Natakusumas menerangkan Pamsimas tidak sebatas membangun fisik, tetapi juga memberdayakan pengelolaan air minum secara berkelanjutan.

Untuk itu, perlu komitmen kuat dari pemangku kepentingan guna mewujudkan akses air minum dan sanitas layak 100%.

Program ini, lanjut Irwan akan digelar hingga 2019 sebagai bagian dari terget Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) mewujudkan Indonesia 100-0-100.

Artinya, seluruh wilayah Indonesia mendapatkan 100% akses air minum yang bersih, 0% wilayah kumuh, dan akses 100% persen sanitasi yang layak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper