Rudiantara Tantang Diaspora Pulang Kampung Bangun Bisnis Digital

Duwi Setiya Ariyanti
Senin, 6 Agustus 2018 | 18:02 WIB
Rudiantara/Antara-Puspa Perwitasari
Rudiantara/Antara-Puspa Perwitasari
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berjualan peluang bisnis digital di Indonesia kepada para diaspora di Amerika Serikat.

Menurutnya, pemerintah saat ini bisa menjamin bahwa bisnis digital memberikan peluang menarik bagi para pelaku usahanya. Pasalnya, pemerintah mendorong terbentuknya ekosistem yang mendukung segala bisnis digital di Tanah Air.

Dia menyebut kondisi saat ini menawarkan peluang yang lebih menarik dari kondisi di tahun 2015 hingga 2016. Sebagai contoh, dia menyebut saat ini ada empat unicorn asal Indonesia yang menandakan bahwa Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan bisnis digital.

Proyek infrastruktur jaringan tulang punggung Palapa Ring menjadi salah satu alasan utama mengapa Rudiantara menawarkan peluang bisnis digital kepada para diaspora agar kembali ke Indonesia.

Hal itu disampaikannya dalam acara B3rkolaborasi yang digelar Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (PERMIAS) dengan Indonesian Diaspora Network-United.

Acara itu menjadi kesempatan pertemuan dan diskusi antara alumni, mahasiswa yang sedang berkuliah dan para pelajar yang akan atau tertarik untuk berkuliah di Amerika Serikat.

"Ada empat startup unicorn Indonesia serta Palapa Ring untuk mendukung internet kecepatan tinggi. Kalau sekarang, saya berani mengatakan, ‘kembalilah ke Indonesia’," katanya.

Rudiantara menyebut pemerintah juga memberikan dukungan melalui penyederhanaan proses perizinan untuk memulai bisnis digital. Di sisi lain, masalah-masalah di Indonesia bisa menjadi peluang untuk menyediakan solusi digital.

"Setiap permasalahan itu kesempatan, ada proses bisnis di dalamnya."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper