Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapal Terbakar: Seluruh Penumpang Berhasil Dievakuasi, KM Satya Kencana IX Lego Jangkar

Kapal Terbakar: Satya Kencana Lego Jangkar, Penumpang Dievakuasi ke Kepal Nikisae dan Tugboat
Satya Kencana IX/vesseltracker.com
Satya Kencana IX/vesseltracker.com

Bisnis.com, BANJARMASIN - Musibah kebakaran menimpa KM Satya Kencana IX yang melakukan pelayaran dari Pelabuhan Surabaya menuju Banjarmasin, Kalimantan.

Kapal yang diinformasikan terbakar di sekitar perairan 54 mil barat daya Tanjung Selatan pada Sabtu sekitar pukul 05.35 dini hari, berdasar informasi pada Sabtu (4/8/2018) telah berhasil lego jangkar.

Kepala Humas KSOP Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Wahono di Banjarmasin, Sabtu, mengatakan berdasarkan informasi dari sistem informasi stasiun pantai yang terhubung dengan KM Nikisae, 50 penumpang kapal sedang dievakuasi ke kapal Nikisae dan tugboat atau kapal tunda.

"Kapal telah berhasil lego jangkar, sehingga kapal tidak akan terseret arus gelombang ke mana-mana alias diam di tempat," katanya.

Dengan lego jangkar, maka evakuasi akan lebih mudah dilakukan dan kapal tidak mengganggu pelayaran lainnya.

Menurut Wahono, dari hasil koordinasi dengan perusahaan pelayaran PT Dharma Lautan Utama yang merupakan operator kapal tersebut, disebutkan jumlah penumpang kapal sekitar 250 orang termasuk sopir angkutan yang ikut dalam kapal tersebut.

"Memastikan jumlah penumpang tersebut, kami akan segera melihat manifesnya," katanya.

Saat ini, selain KM Nikisae dan toughbout, KM Kumala yang masih satu perusahaan dengan KM Satya Kencana yang juga berada di sekitar tempat kejadian, sedang melakukan penyisiran, bila ada korban yang masih tertinggal.

Penumpang  Berhasil Dievakuasi

Proses evakuasi terhadap seluruh penumpang berhasil dilaksanakan.

"Informasi terakhir, seluruh penumpang telah berhasil dievakuasi dengan life raft dan sekoci KM Niki Sae termasuk Anak Buah Kapal beserta nakhodanya. Saat ini KM Niki Sae sudah bergerak menuju Pelabuhan Trisakti, perkiraan tiba pukul 18.00 WITA," ujar Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Junaidi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Pada proses evakuasi tersebut, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengerahkan dua kapal untuk membantu mengevakuasi para penumpang kapal KM Satya Kencana IX.

"Kapal KN Altair milik Disnav Banjarmasin dan KNP 363 milik KSOP Banjarmasin telah dikerahkan untuk membantu proses evakuasi penumpang kapal KM Satya Kencana IX yang dilaporkan terbakar pagi tadi," katanya.

Kapal KM Satya Kencana IX dengan rute Surabaya menuju Banjarmasin, sebelumnya dilaporkan terbakar pada posisi atau sekitar 54 mil Barat Daya Tanjung Selatan Kalimantan Selatan pada Sabtu (4/8) pukul 05.35 WITA.

"Stasiun Radio Pantai (SROP) Banjarmasin melaporkan ada informasi dari kapal KM. Niki Sae bahwa pada tanggal (4/8) pukul 05.35 WIB, KM.Niki Sae ada komunikasi dengan kapal KM.Satya Kencana IX yang mengalami musibah kebakaran pada posisi 04-43.67 LS/ 113-57.81 BT sekitar 54 mil Barat Daya Tanjung Selatan," katanya.

Junaidi menjelaskan bahwa proses evakuasi penumpang dilakukan oleh Kapal KM Niki Sae, KM Kumala dan Tugboat Bina Marine 97 yang berada di sekitar lokasi terbakarnya kapal KM. Satya Kencana IX tersebut.

KM Satya Kencana IX merupakan kapal jenis Ro-Ro milik PT Dharma Lautan Utama tersebut memiliki berat GT 11.657 mengangkut 198 orang penumpang dan 32 orang awak kapal serta beberapa kendaraan.

Adapun unsur yang dikerahkan untuk melakukan evakuasi para penumpang kapal tersebut terdiri dari KSOP Banjarmasin, SROP Banjarmasin, Lanal Banjarmasin dan Kantor SAR Banjarmasin.

"Pukul 11.25 WITA, KM Kumala telah menyisir perairan di titik musibah terbakarnya KM. Satya Kencana IX dan tidak menemukan penumpang lainnya yang belum dievakuasi. Adapun Kapal patroli KPLP dan kapal Navigasi Kemenhub terus melakukan penyisiran sementara itu kapal KM Satya Kencana IX lego jangkar dan dilabuhkan di lokasi kejadian tersebut," kata Junaidi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper