Surabaya Jadi Tuan Rumah Kongres UCLG ASPAC Ke-7

Oleh: Peni Widarti 31 Juli 2018 | 01:08 WIB
Surabaya Jadi Tuan Rumah Kongres UCLG ASPAC Ke-7
Ilustrasi/Reuters-Wolfgang Rattay

Bisnis.com, SURABAYA - Kota Surabaya kembali dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan internasional United Cities and Local Governmentz Asia-Pacific (UCLG ASPAC) Ke-7.

Media and Communication UCLG ASPAC, Fulvia mengatakan kongres yang akan diselenggarakan pada 11-15 September 2018 tersebut akan mempertemukan para pemimpin daerah atau aktor-aktor kunci pembangunan di Negara se-Asia Pasifik, dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat.

"Ini merupakan kongres 2 tahunan. Tahun ini kami memilih tema Pembangunan Inovasi untuk Kota Berkelanjutan," katanya dalam rilis, Senin (30/7/2018).

Dia menjelaskan UCLG adalah asosiasi organisasi pemerintah daerah yang diakui oleh PBB yang berpusat di Barcelona. Asosiasi ini, bertujuan untuk membantu memfasilitasi pemerintah daerah untuk melakukan fungsinya dalam mengembangkan daerahnya misalnya, program pelatihan kepada pemerintah daerah.

“Di Indonesia, program terbaru saat ini adalah implementasi Sustainable Development Goals (SDGs), berupa lokalisasi SDGs di pemda-pemda di Indonesia, kami berkerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” jelasnya.

Di Surabaya sendiri, pihaknya telah melakukan implementasi project dalam pengembangan ruang publik di daerah Kedinding, Keputih dan Ketandan Surabaya.

Menariknya, lanjit Fulvia, pertemuan dua tahunan ini yang paling dinantikan oleh setiap pemimpin daerah karena kongres ini akan diikuti sekitar 800 orang dari Negara se Asia Pasifik.

Kasubag Luar Negeri Bagian Administrasi Kerjasama Pemkot Surabaya Yanuar Hermawan menambahkan ajang UCLG ASPAC diharapkan bisa membawa dampak positif bagi Kota Surabaya.

"Selain para tamu delegasi dapat belajar langsung dengan kunjungan lapangan, pastinya melalui acara ini, perekonomian Kota Surabaya juga akan meningkat," imbuhnya.

Editor: Mia Chitra Dinisari

Berita Terkini Lainnya