Bus Tingkat Surabaya Mulai Uji Coba

Oleh: Peni Widarti 30 Juli 2018 | 23:19 WIB
Bus Tingkat Surabaya Mulai Uji Coba
Bus Tingkat Volvo B8L. /Volvo

Bisnis.com, SURABAYA - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya melakukan uji coba rute bus tingkat atau double deck pemberian Bank Mayapada dengan rute ITS - Unesa sepanjang 40 km.

Kepala Dishub Kota Surabaya Irvan Wahjudrajat mengatakan uji coba pertama kali berangkat dari kampus Unesa ke ITS tersebut ternyata memakan waktu tempuh 3 jam.

"Karena terlalu jauh dan agak lama, maka kami masih akan evaluasi sesuai dengan kebutuhan,” katanya dalam rilis, Senin (30/7/2018).

Irvan menjelaskan, bus tingkat tersebut akan beroperasi secara umum dengan rute bus dan sasaran penumpangnya akan lebih dikhusukan bagi mahasiswa yang berada di wilayah timur dan barat yakni Kampus C Unair, ITS dan Unesa Lidah Kulon.

"Makanya, saat ini jalurnya terus dikaji dan dikonekkan ke tiga kampus itu," imbuhnya.

Irvan mengakui selama uji coba memang ditemukan beberapa kendala, di antaranya masih banyak ranting-ranting pohon rendah dan ada pula kabel yang juga menghambat bus tingkat itu.

“Selain itu, ada pula sejumlah halte yang masih jadi lokasi parkir liar. Jadi, semua permasalahan ini harus segera diatasi dulu sebelum akhirnya dioperasikan secara resmi,” imbuhnya.

Rencananya, bus tersebut akan beroperasi resmi pada Agustus mendatang. Rute detail saat ini masih sedang dalam tahap pemantapan.

Adapun penumpang bus ini nantinya tidak akan dikenakan biaya karena bus tingkat masih berplat merah. Sebagai kontribusi, penumpang cukup membayar dengan sampah plastik sebagai bentuk edukasi bagi masyarakat dalam mengurangi bahaya polusi sampah plastik di Surabaya.

Dishub, kata Irvan, juga berencana menambah 14 armada bus di Kota Surabaya hingga Desember mendatang. Masing-masing 10 bus low deck (Suroboyo Bus) dan 4 bus sekolah.

Editor: Mia Chitra Dinisari

Berita Terkini Lainnya