Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akhirnya Bulog Beli Gula Petani Rp9.700/Kg

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X menyatakan gula petani rakyat akhirnya dibeli oleh Perum Bulog dengan harga Rp9.700/kg.
Buruh memanen tebu untuk dikirim ke pabrik gula di Ngawi, Jawa Timur./Antara-Ari Bowo Sucipto
Buruh memanen tebu untuk dikirim ke pabrik gula di Ngawi, Jawa Timur./Antara-Ari Bowo Sucipto

Bisnis.com, SURABAYA – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X menyatakan gula petani rakyat akhirnya dibeli oleh Perum Bulog dengan harga Rp9.700/kg.

Direktur Utama PTPN X Dwi Satriyo Annurogo mengatakan pembelian gula petani oleh Bulog tersebut merupakan wujud kepedulian pemerintah yakni Kementerian BUMN, Holding Perkebunan Nusantara, PT RNI, dan Bulog.

"Perum Bulog telah responsif merealisasikan amanah yang diberikan yaitu membeli gula petani dengan harga Rp9.700/kg," katanya dalam rilis, Rabu (25/7/2018).

Dia mengatakan perseroan bersyukur karena kalangan petani tebu juga telah mempercayakan PTPN untuk mengelola hasil tanaman tebunya.

Direktur Tanaman Semusim Holding Perkebunan Nusantara, Moch. Cholidi, menambahkan momen pembelian gula petani tersebut sangat tepat untuk memperbaiki psikologi pasar.

“Kami selaku produsen akan berkomitmen untuk menjaga mutu gula sehingga Bulog tidak mengalami kesulitan dalam hal penjualan," ujarnya.

Selain itu, melalui pembelian gula petani oleh Bulog, petani juga bisa lebih fokus untuk memperbaiki kualitas tanaman dan meningkatkan rendemen.

Adapun pembelian gula petani tersebut secara simbolis dilakukan di PG Gempolkrep dengan dihadiri oleh Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN, Wahyu Kuncoro, serta jajaran direksi RNI, PTPN X, XI, XII, dan APTRI.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan sertifikasi SNI oleh PT Sucofindo kepada PTPN X yang kemudian diserahkan kepada Perum Bulog Divre Jatim.

"Hal ini merupakan wujud nyata komitmen PTPN X dalam menjamin produk gula kristal putih yang diproduksi telah melalui mekanisme survey dari Sucofindo untuk menganalisa kualitas gula sesuai SNI," imbuh Dwi.

Diketahui, dari sembilan pabrik gula PTPN X sudah mulai melakukan giling tebu sejak Mei 2018 sehingga perseroan optimistis dapat mencapai target produksi dan rendemen yang lebih baik. Hingga April lalu, total produksi gula PTPN X telah mencapai 135.328 ton dengan rendemen 7,9%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper