Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor Ikan Laut Belitung Tembus 4 Negara

Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengekspor ikan laut daerah itu ke empat negara yaitu Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Bisnis.com, TANJUNGPANDAN--Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengekspor ikan laut daerah itu ke empat negara yaitu Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Belitung, Effenly di Tanjungpandan, Jumat, mengatakan ekspor ikan laut dalam bentuk beku, segar dan asin sudah merambah pasar dunia di antaranya beberapa negara di Asia.

 "Eksportir ke empat negara tersebut terus menambah permintaan ikan dan daerah ini sudah siap memenuhinya karena produksi ikan kita sangat banyak," katanya.

DKP Belitung mencatat pengiriman ikan beku, segar dan asin keluar Kabupaten Belitung pada 2017 adalah sebanyak 7.675.080 kilogram meningkat dari pada 2016 yakni 7.026.174 kilogram.

Sedangkan pada 2015 sebanyak 5.089.068 kilogram.

Sedangkan volume ekspor ikan ke beberapa negara berdasarkan data tercatat pada 2017 sebanyak 2.011.622 kilogram, pada 2016 sebanyak 1.582.970 kilogram dan 2015 sebanyak 881.838 kilogram.

"Meningkatnya volume pemasaran dan produksi ikan di daerah ini tidak lepas dari komitmen daerah untuk memberanikan diri beralih dari sektor pertambangan bijih timah ke sektor lainnya di antaranya sektor perikanan," katanya.

Ia mengatakan perikanan merupakan sektor andalan daerah itu di samping sektor lainnya di antaranya kemaritiman dan perkebunan yang memiliki potensi cukup besar.

 "Kami sadar bahwa sektor pertambangan berdampak merusak alam untuk jangka panjang, maka kami mulai beralih ke sektor lainnya yang mampu menggeliatkan perekonomian masyarakat secara merata," katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper