Gandeng KAI, Pemkot Surabaya Lelang Ulang Proyek Blok Rel

Oleh: Peni Widarti 20 Juli 2018 | 00:46 WIB
Gandeng KAI, Pemkot Surabaya Lelang Ulang Proyek Blok Rel
Ilustrasi: Pekerja berjalan melewati rel kereta./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, SURABAYA – Pemerintah Kota Surabaya membuka lelang ulang untuk proyek pemasangan blok rel di samping utara Royal Plaza Surabaya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya Erna Purnawati mengatakan dalam pelaksaan lelang ulang ini pihaknya menggandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya.

"Kami menggandeng KAI karena ada beberapa bahan baku proyek yang hanya dimiliki oleh KAI dan tidak dijual bebas, tapi sekarang gratis disediakan oleh KAI," ujarnya melalui rilis pada Kamis (19/7/2018).

Dia menjelaskan pihaknya sudah tiga kali putaran lelang, tetapi belum ada kontraktor yang berminat. Menurutnya, hal itu disebabkan tidak tersedia bahan baku.

Kekurangan bahan baku yang akan disediakan di Dipo Sidotopo KAI tersebut di antaranya 80 baseplate, 320 paku tirepon, dan 160 pandol.

Erna menambahkan lelang pemasangan blok rel sepanjang 24 meter itu naik dari Rp430 juta menjadi Rp500 juta. Dia berharap ada banyak kontraktor yang mengikuti lelang itu sehinga bisa dipilih yang terbaik dan yang memiliki kualifikasi dalam menggarap proyek tersebut.

"Kami berharap dalam lelang yang sudah kita buka, segera ada pemenangnya, sehingga bisa langsung segera digarap," tambahnya.

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya