Panen Raya Cengkih di Madiun Dorong Penurunan Harga

Oleh: Abdul Jalil 20 Juli 2018 | 08:16 WIB
Panen Raya Cengkih di Madiun Dorong Penurunan Harga
Ilustrasi./Antara-Akbar Tado

Bisnis.com, MADIUN – Harga cengkih di Kabupaten Madiun mengalami penurunan. Harga cengkih kering saat ini sekitar Rp80.000/kg sedangkan cengkih basah seharga Rp27.500/kg.

Kepala Desa Bodag, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Dangkung, mengatakan saat sudah memasuki musim panen cengkih. Di Desa Bodag ada sekitar 20 hektare lahan cengkih. Warga Desa Bodag sebagian besar memang menanam cengkih.

Dia menuturkan saat ini harga cengkih menurun dibandingkan harga cengkih pada saat menjelang Ramadan lalu yang mencapai Rp100.000/kg untuk cengkih kering.

"Sekarang ini harga cengkih basah Rp27.500/kg dan harga cengkih kering Rp80.000/kg," jelas dia saat berbincang dengan JIBI, Kamis (19/7/2018).

Untuk penjualan cengkih, kata dia, biasanya ada tengkulak yang datang ke Bodag untuk mengambil hasil panen petani. Kemudian para tengkulak ini menjualnya kembali ke industri.

Seorang petani cengkih Desa Bodag, Gimon, 60, mengatakan saat ini memang harga cengkih merosot cukup tinggi dibandingkan awal bulan lalu. Penurunan harga ini mungkin karena sekarang sedang panen raya sehingga harga merosot.

Dia mengaku tidak hanya menjual buah cengkihnya saja, melainkan juga menjual tangkai cengkih seharga Rp8.000/kg dan daun cengkih seharga Rp4.000/kg. "Cengkih mulai panen biasanya bulan-bulan ini sampai bulan Agustus nanti. Jadi pasokan cengkih memang banyak ini," terang dia.

Sumber : JIBI/Solopos

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya