Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembebasan Lahan Tol Manado-Bitung Seksi I Dipercepat

Pemerintah mempercepat proses pembebasan lahan tol ManadoBitung khususnya seksi I ManadoAirmadidi sepanjang 14 kilometer yang ditargetkan dapat beroperasi pada November mendatang.
Perkembangan proyek pembangunan jalan tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara pada Selasa (3/7/2018)./Istimewa-PT Jasamarga Manado Bitung
Perkembangan proyek pembangunan jalan tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara pada Selasa (3/7/2018)./Istimewa-PT Jasamarga Manado Bitung

Bisnis.com, MANADO — Pemerintah mempercepat proses pembebasan lahan tol Manado—Bitung khususnya seksi I Manado—Airmadidi sepanjang 14 kilometer yang ditargetkan dapat beroperasi pada November mendatang.

Kepala Balai Pembangunan Jalan Nasional (BPJN) XV, Riel Mantik menjelaskan tol Manado—Bitung sepanjang 39,90 kilometer terbagi dua bagian, seksi I sepanjang 14,9 km dibangun oleh BPJN XV sebagai dukungan pemerintah, sedangkan seksi II Airmadidi-Bitung sepanjang 25 kilometer dibangun oleh PT Jasa Marga Manado Bitung sebagai investor. Sejauh ini, progres konstruksi untuk seksi I sudah 56,95%, lebih rendah dari rencana 57,39%.

“Laporan terakhir yang saya terima dari PPK [Pejabat Pembuat Komitmen] Pembebasan Tanah, bahwa pembebasan lahannya secara keseluruhan untuk segmen 0-14 km seksi I sekitar 96%. Mudah-mudahan yang tersisa bisa segera diselesaikan,” ujarnya, Kamis (19/7).

Jalan tol Manado – Bitung merupakan salah satu proyek infrastruktur prioritas di Indonesia. Proyek ini dikerjakan dengan skema KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha) dengan nilai investasi sebesar Rp 5,12 triliun.

Riel menambahkan, kontraktor proyek ini terdiri atas beberapa kontraktor swasta dan BUMN. Pada seksi IA Manado—Sukur yang dibiayai oleh pinjaman China, dikerjakan oleh Sino Road dan Bridge Group Co Ltd dan PT Hutama Karya, sedangkan Seksi IB Sukur—Airmadidi didanai dengan APBN murni dan kontrak tahun jamak yang berakhir 31 Desember 2018.

Kontraktor yang terlibat dalam segmen ini terdiri dari PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Hutama Karya - PT Waskita Karya KSO dan PT Nindya Karya - PT Bumi Karsa KSO.

Keberadaan jalan tol ini diharapkan mendukung peningkatan lalu lintas pada rute Manado – Bitung, mendukung sektor wisata serta pertumbuhan ekonomi di Manado, Minahasa Utara dan Bitung. Jalan tol ini juga akan menjadi jalan akses utama ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan Pelabuhan Hub Internasional Bitung yang akan dibangun.

George Manurung, Direktur Utama Jasa Marga Manado Bitung menargetkan, tol Manado—Bitung dapat beroperasi seluruhnya pada pertengahan 2019. Sejauh ini, progres konstruksi seksi 2 A yang menghubungkan Airmadidi dengan Danowudu mencapai 56,34% dengan lahan yang terbebas mencapai 98%.

“Pekerjaan konstruksi di seksi 2A telah mencapai 9 kilometer dari 11,5 kilometer yang harus dibangun. Sementara seksi 2B dari Danowudu ke Bitung progres konstruksinya baru 8,23% dan progress lahannya 63%,” jelasnya.

Baru-baru ini, JMB juga telah mendapatkan tambahan dana talangan tanah sebesar maksimum Rp623,56 miliar dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kucuran kredit modal kerja tersebut turut menambahkan fasilitas serupa yang telah diberikan sebelumnya pada 2017 bersama dengan anak perusahaan BNI, dengan dana maksimum awal sebesar Rp816 miliar.

Selain mendapatkan kucuran kredit modal kerja, proyek tol tersebut juga telah mendapatkan fasilitas kredit investasi yang merupakan hasil sindikasi dari sejumlah bank yakni BNI, Bank Mandiri, BCA, PT Sarana Multi Infrastuktur, ICBC Indonesia, BPD Sulselbar, BPD Riau, dan Bank Jateng senilai total Rp3,59 triliun, atau sebesar 70% dari nilai investasi proyek.

Nantinya, proyek strategi nasional tersebut akan menjadi jalan tol pertama yang beroperasi di Sulawesi Utara, dan diperkirakan dapat memangkas waktu tempuh Manado ke Bitung dari semula berkisar 90 hingga 120 menit menjadi hanya 45 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler