Penerimaan Pajak DJP Jatim I Capai 42,07% Pada Semester I/2018

Realisasi penerimaan pajak pada semester I/2018 sudah mencapai 42,07% dari total target sepanjang tahun yang sebesar Rp46,8 triliun.
Ilustrasi pajak/Istimewa
Ilustrasi pajak/Istimewa

Bisnis.com, SURABAYA -- Realisasi penerimaan pajak pada semester I/2018 sudah mencapai 42,07% dari total target sepanjang tahun yang sebesar Rp46,8 triliun.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Jawa Timur (Jatim) I Heru Budhi Kusumo mengatakan capaian tersebut lebih besar dari target yang telah ditetapkan untuk paruh pertama 2018 yaitu 38,8% atau Rp18,1 triliun dari rencana penerimaan total.

"Berdasarkan data capaian penerimaan pada tahun-tahun sebelumnya, realisasi penerimaan di semester pertama memang cenderung di bawah realisasi semester kedua," ungkapnya dalam keterangan resmi, Selasa (17/7/2018).

Hal ini disebabkan penyerapan anggaran dari belanja pemerintah lebih banyak terjadi pada semester kedua. Selain itu, peningkatan produksi serta konsumsi masyarakat pada momen tertentu seperti Lebaran dan Natal juga terjadi pada paruh kedua.

Penerimaan pajak DJP Jatim I pada semester I/2018 tersebut mengalami pertumbuhan 14,34% bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Jika dirinci, realisasi PPh sudah mencapai 40,32% atau Rp9,4 triliun dari target yang senilai Rp23,49 triliun. Sementara itu, realisasi PPN dan PPnBM telah menyentuh 43,9% atau Rp10,1 triliun dari target yang sebesar Rp23,1 triliun.

"Untuk jenis pajak lainnya, ditargetkan sebesar Rp249 miliar dan telah terealisasi 36,52% atau Rp91 miliar," sebut Heru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper