Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kampanye Keselamatan Bikers ala Asuransi Adira

PT Asuransi Adira Dinamika menggelar ajang penganugerahan Safety Campaign Award 2018 (SCA) dengan tema Bikers Ready For Ready Safety. Penyelenggaraan yang memasuki tahun kelima ini diperuntukkan bagi para komunitas atau klub motor sejabodetabek yang aktif mengampanyekan keselamatan jalan.
Ilustrasi bikers/Reuters-Randall Hill
Ilustrasi bikers/Reuters-Randall Hill

Bisnis.com, JAKARTA - PT Asuransi Adira Dinamika menggelar ajang penganugerahan Safety Campaign Award 2018 (SCA) dengan tema Bikers Ready For Ready Safety. Penyelenggaraan yang memasuki tahun kelima ini diperuntukkan bagi para komunitas atau klub motor sejabodetabek yang aktif mengampanyekan keselamatan jalan.

Business Development Division Head Adira Insurance Tanny Megah Lestari menyampaikan, melalui ajang SCA, para bikers diajak untuk melakukan kampanye keselamatan jalan dengan tetap mengacu pada konsep road safety yang baik dan benar. Pesan dari kampanye tersebut diharapkan dapat tersebar luas dan dapat memberikan dampak positif yang berlipat ganda bagi peningkatan kesadaran masyarakat atas pentingnya keselamatan jalan.

Melalui tema yang diusung, perusahaan berharap seluruh bikers selalu siap saat sebelum berkendara, selama berkendara, dan ketika harus menangani kecelakaan saat berada di jalan.

"Kami bangga dapat terus menyelenggarakan kembali ajang SCA2018. Kami ingin terus menularkan virus road safety kepada banyak orang terutama di kalangan kelompok pengguna sepeda motor, mengingat sekitar 70% kendaraan yang terlibat kecelakaan adalah sepeda motor," katanya dalam keterangan resmi yang dikutip Bisnis.com, Rabu (18/7/2018).

Berdasarkan data dari Polda Metro Jaya, selama periode Januari-Desember 2017, setidaknya korban yang mengalami kecelakaan lalu lintas mencapai 6.949 orang.  Angka ini menurun 4% dari periode yang sama di tahun lalu sebanyak 7.200 orang. Namun jika dilihat dari jumlahnya tentu angka ini masih sangat tinggi.

Dia mengatakan, SCA digelar sebagai apresiasi Adira Insurance terhadap komunitas motor yang aktif mengampanyekan keselamatan di jalan guna menurunkan angka fatalitas kecelakaan. Harapan lainnya, SCA dapat menjadi wadah bagi komunitas motor untuk mengembangkan komunitasnya secara mandiri dan terlatih untuk melakukan sosialisasi kampanye keselamatan yang berkelanjutan dan berdampak luas.

Bersamaan dengan peresmian pembukaan kegiatan SCA 2018, para bikers yang tergabung dalam komunitas motor dapat secara langsung mendaftarkan komunitasnya melalui website www.gethomesafely.co.id selama periode 14 Juli – 11 Agustus 2018. Saat pendaftaran, peserta hanya perlu mengisi formulir beserta memilih tema kampanye yang akan digunakan saat mengikuti ajang SCA.

Setelah itu akan dipilih Top 50 dari peserta yang sudah mendaftar dan akan didampingi oleh mentor untuk mengikuti tahap proposal, dimana komunitas harus membuat proposal satu kegiatan yang berkaitan dengan keselamatan di jalan. Dalam tahap ini akan dipilih 10 komunitas terbaik yang akan lanjut ke tahap implementasi. Pada tahap ini 10 besar komunitas terbaik akan mengimplementasikan kampanye keselamatan jalan yang telah dirancang pada tahap proposal.

Tahap akhir dalam rangkaian kegiatan SCA adalah tahap presentasi dimana komunitas atau klub motor yang terpilih akan diundang untuk melakukan presentasi di depan dewan juri. Pada tahap ini, 10 komunitas atau klub motor terbaik yang telah diseleksi pada tahap sebelumnya diharuskan mempresentasikan kegiatan yang telah dilakukan.

Tanny menambahkan, penyelenggaraan SCA 2018 pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Perbedaan ini terletak pada peran mentor yang lebih meningkat saat mendampingi komunitas.

"Mentor akan dilibatkan langsung saat peserta SCA berada di tahap proposal. Tidak hanya itu, peningkatan kualitas mentor juga dilakukan seperti mengadakan pelatihan untuk para mentor dalam memberikan bimbingan terbaiknya untuk para peserta," imbuhnya.

"Kami mengapresiasi apa yang sudah dilakukan rekan-rekan Adira Insurance untuk terus mengadakan ajang penghargaan SCA ini. Karena memang dibutuhkan semangat, komitmen dan keterlibatan yang mendalam untuk mewujudkan zero accident di Indonesia," imbuh perwakilan dewan juri SCA 2018 Eddo Rusdyanto mengapresiasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Anggi Oktarinda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper