Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbaikan Jalan Nasional di Jalur LRT Palembang Rampung Akhir Juli

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan perbaikan jalan dari Bandara SM Badaruddin II menuju Jakabaring Sport City yang terimbas pembangunan proyek Light Rail Transil (LRT) Palembang rampung pada akhir bulan ini.
Flyover Simpang Bandara Tanjung Api-api/Istimewa
Flyover Simpang Bandara Tanjung Api-api/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan perbaikan jalan dari Bandara SM Badaruddin II menuju Jakabaring Sport City yang terimbas pembangunan proyek Light Rail Transil (LRT) Palembang rampung pada akhir bulan ini.

Perbaikan tersebut dimaksudkan untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games ke-18 yang dimulai pada 18 Agustus.

"Tadi pagi saya sudah ketemu Direktur Utama PT Waskita Karya yang membangun LRT. Beliau akan memperbaiki jalan nasional yang rusak akibat pekerjaan pembangunan LRT dan menjanjikan selesai akhir Juli dengan kondisi satu lapis aspal (layer)," kata Basuki  dikutip dari keterangan resmi pada Jumat (13/7/2018).

Setelah pelaksanaan Asian Games tuntas, ujarnya, perbaikan dilanjutkan kembali hingga kondisi jalan lengkap.

Meski hanya satu layer, Basuki memastikan jalan akan kembali rapi untuk dilewati. Total panjang jalan dua arah yang harus diperbaiki mencapai 50 km.

“Sama seperti halnya di Jalan Sudirman di Jakarta, perbaikan jalan belum selesai seluruhnya tapi sudah rapi. Akhir Juli 2018 pekerjaan sudah harus  selesai dan dihentikan” ujarnya.

Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V Palembang juga telah menyiapkan sejumlah infrastruktur untuk mendukung konektivitas dan kelancaran selama pelaksanaan Asian Games 2018 di Palembang, yakni Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra), Flyover Keramasan dan Simpang Bandara-Tanjung Api-Api, Jembatan Musi IV, serta preservasi jalan nasional di kota Palembang dan sekitarnya.

Tol Palindra dengan nilai investasi sebesar Rp3,3 triliun merupakan salah satu ruas tol penugasan Pemerintah kepada PT Hutama Karya melalui Perpres No. 117/2015.

Basuki mengatakan pembangunan tol Palindra sepanjang 22 km akan mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. Tol tersebut terdiri dari tiga seksi yakni seksi I ruas Palembang – Pamulutan (7,8 km), seksi II Pamulutan – KTM (4,9 km), dan seksi III KTM – Simpang Indralaya (9,3 km).

Pembangunan tol tersebut telah dimulai sejak 2015 dan saat ini progres konstruksi untuk seksi II dan seksi III secara keseluruhan mencapai 98%. Keseluruhan pembangunan ditargetkan selesai pada pekan keempat bulan ini.

Sementara itu, dua flyover dibangun di Kota Palembang untuk mengurai kemacetan di persimpangan sebidang akibat volume kendaraan yang tinggi.

Flyover Keramasan terletak di Simpang Keramasan sebagai persimpangan Jalan Mayjend. Yusuf Singadekane menuju Jalan Lingkar Selatan (Jakabaring/Tol Palindra) maupun sebaliknya, serta Jalan Ki Merogan menuju Jalan Srijaya Raya, juga sebaliknya.

Sedangkan flyover Simpang Bandara Tanjung  Api-api terletak di antara persimpangan jalan nasional yang menghubungkan arah Jambi dan arah Kota Jalan Kolonel H. Burlian.

Selain membangun infrastruktur baru, Kementerian PUPR juga mengalokasikan anggaran Rp289,97 miliar untuk preservasi/pemeliharaan jalan nasional di Kota Palembang dan sekitarnya sepanjang 279,31 km. Preservasi bertujuan menjamin kondisi prasarana jalan perkotaan yang mantap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper