ASIAN GAMES 2018 : Reservasi Hotel di Palembang Meningkat

Oleh: Dinda Wulandari 13 Juli 2018 | 02:00 WIB

PALEMBANG — Pemesanan kamar di sejumlah hotel di Kota Palembang sudah penuh atau full booking untuk periode penyelenggaraan Asian Games 18 Agustus—2 September 2018.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumsel menargetkan seluruh hotel mengalami tingkat okupansi 100%, mulai dari kelompok hotel berbintang hingga kelas melati.

Manajer Komunikasi Hotel Wyndham Lucky Surya Ningtias mengatakan, pihaknya memiliki 257 kamar hotel dan tercatat sudah terpesan semua untuk periode tersebut.

“Hingga hari ini kami masih menerima permintaan kamar hotel, salah satunya dari perwakilan tim pendukung Singapura. Mereka meninggalkan kartu nama, jika saja ada yang membatalkan pemesanan,” katanya, Kamis (12/7).

Menurut Lucky, lokasi hotel yang strategis yakni berada dalam satu kawasan dengan Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City (JSC) menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini dapat dicermati dari pemesanan-pemesan yang sudah dilakukan negara-negara peserta sejak akhir tahun 2017.

Hotel Wyndham yang sejauh ini menjadi salah satu ofisial hotel pelaksanaan Asian Games di Palembang sudah menyiapkan segala keperluan untuk menyukseskan ajang multicabang olahraga tingkat Asia itu.

“Untuk menu makanan, kami sediakan sesuai permintaan, semisal ada negara-negara yang ingin menu khusus. Selain itu, kami juga merancang acara khusus nantinya selama Asian Games nanti, saat ini sedang tahap persiapan,” kata dia.

Terkait okupansi hotel, pihaknya optimistis dapat meraup angka 100% atau melonjak dari hari biasa di kisaran 60%—70% karena besarnya acara yang bakal digelar di Palembang selama Agustus mendatang.

Keyakinan bakal meraup okupansi 100% tersebut juga melatari keputusan pihak manajemen hotel untuk menaikkan harga per kamar dari biasanya hingga dua kali lipat pada Asian Games mendatang.

Namun, saat ini hingga akhir Juli, harga kamar kelas superior masih dipatok Rp650.000, deluxe Rp777.000, junior suite Rp2,2 juta, dan grand suite Rp3,07 juta. “Nanti saat Asian Games, bakal ada kenaikan seperti kelas presiden suite naik dari Rp4,8 juta menjadi Rp5,5 juta,” kata dia.

Sementara itu, Manajer Departemen Marketing Hotel Batiqa Gabi Satriani Putri mengatakan dari 160 kamar yang tersedia saat ini yang tersisa hanya 50—60 kamar untuk periode 1 Agustus—31 Agustus 2018.

“Pesanan datang dari Inasgoc sebanyak 72 kamar, dan ada pula dari beberapa pihak konsultan terkait Asian Games. Yang tersisa hanya 50—60 kamar lagi,” kata dia.

Selama Asian Games ini, Hotel Batiqa mematok harga untuk kelas superior Rp1,3 juta, deluxe Rp1,5 juta dan premiere deluxe Rp 1,7 juta atau sudah berlaku seperti sebelumnya.

Hanya saja, perbedaan terletak pada harga untuk kelompok harga khusus yakni kalangan perusahaan dan agen perjalanan.

Jika sebelumnya terdapat potongan, maka selama periode Asian Games tidak diberlakukan lagi. “Kami rasa, harga ini sudah sesuai untuk selama Asian Games nanti,” kata dia.

Seperti halnya, manajemen Hotel Wyndham, Hotel Batiqa yang berada di pusat Kota Palembang kawasan seberang ilir juga menargetkan okupansi 100%.

Editor: Roni Yunianto

Berita Terkini Lainnya