Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JNE Perkuat E-Commerce

Perusahaan jasa pengiriman barang, Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), memperkuat pasar bisnis dagang-el [e-commerce] dengan menggandeng PT Qourier Indonesia Kartika, perusahaan lokal berbasis teknologi yang menjual solusi transportasi melalui mobile application dan web application.
Karyawati PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) melakukan pendataan paket kiriman./JIBI-Dedi Gunawan
Karyawati PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) melakukan pendataan paket kiriman./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan jasa pengiriman barang, Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), memperkuat pasar bisnis dagang-el [e-commerce] dengan menggandeng PT Qourier Indonesia Kartika, perusahaan lokal berbasis teknologi yang menjual solusi transportasi.

Dengan kerja sama ini, Qourier menjadi penyedia mobile application dan web application dengan nama Qourier powered by JNE.

Direktur Utama JNE Mohammad Feriadi mengatakan saat ini potensi jasa ekspedisi pada bisnis dagang-el dinilainya sangat besar seiring dengan perkembangan bisnis jual beli secara daring di Indonesia.

Pihaknya tentu ingin memanfaatkan momentum tersebut dengan menggandeng Qourier sebagai mitra yang dinilainya memiliki teknologi handal.

"Kita ingin memanfaatkan peluang itu sebab kini dagang-el berkembang dashyat. Adanya dagang-el ini membangun pilar seperti payment dan kurir. Kami bekerja sama karena Qourier memberikan solusi apa yang tidak dimiliki JNE, khususnya dalam hal teknologi," katanya, Selasa (10/7/2018).

Saat ini, menurutnya, perkembangan teknologi telah membawa perubahan ke berbagai sektor, termasuk juga dalam sektor perdagangan.

Dengan demikian, JNE ingin memanfaatkan potensi tersebut untuk memperkuat bisnis di dalam negeri. "Sebab Tidak cukup rasanya dengan kurir-kurir yang ada untuk menangani marketplace," katanya.

Feriadi belum bisa memastikan berapa persen yang dibidik perseroan dengan adanya kerja sama ini, sebab dia akan melihat lebih jauh setelahe berjalannya kerja sama tersebut.

Presiden Direktur PT Qourier Indonesia Kartika, Putri Kadarmanto mengatakan keberadaan perusahaan jasa logistik menjadi pendukung bagi perkembangan bisnis dagang-el.

Dia mengatakan kerja sama ini untuk memasuki pasar dagang-el dan melakukan last mile delivery. Pihaknya akan menjadi produk penambah dari JNE dengan nama Qourier powered by JNE.

"Akan ada produk, yaitu same day delivery dan instant delivery. Diharapkan kita bisa meramaikan pasar e-commerce [dagang-el]. Karena peran logistik di sini untuk mendukung perkembangan e-commerce yang sangat cepat," ujarnya.

Di samping itu, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan perusahaan logistik asal Jerman, DB Schanker, yang merupakan mitra dari sejumlah perusahaan teknologi dan dagang-el dunia seperti Apple dan Lazada.

Dengan demikian, layanan pengiriman barang dari perusahaan-perusahaan tersebut juga bisa terlayani oleh JNE.

"Ke depan mereka tidak menggunakan warehouse tetapi langsung dijual lewat last mile delivery," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper