Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasang Air Laut: Tinggi Bisa Lebih dari 2 Meter. Warga Babel Diminta Waspada

Masyarakat Bangka Belitung diminta waspadai saat melaut karena tingginya pasang air laut yang mungkin terjadi.
Gelombang pasang air laut/wikipedia
Gelombang pasang air laut/wikipedia

Bisnis.com, PANGKALPINANG - Masyarakat Bangka Belitung diminta waspadai saat melaut karena tingginya pasang air laut yang mungkin terjadi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang mengimbau masyarakat mewaspadai pasang air laut dengan ketinggian lebih dari dua meter di beberapa pesisir Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada Selasa (10/7/2018).

"Pasang air laut mencapai dua meter atau lebih harus diwaspadai karena dapat membahayakan keselamatan," ujar prakirawan dari kantor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Nenden Wardani di Pangkalpinang, Senin (9/7/2018).

Pasang air laut maksimum mencapai dua meter atau lebih berpeluang terjadi di Membalong Kabupaten Belitung yang dapat mencapai sekitar 2,16 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 2,04 meter, dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 2,01 meter.

Sementara itu, pasang air laut maksimum di bawah dua meter dapat terjadi di pesisir Pantai Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,99 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,54 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,35 meter, dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung sekitar 1,36 meter.

"Karena itu kami mengimbau warga dan wisatawan agar mewaspadai ketinggian pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," kata Nenden.

Pada kesempatan itu, BMKG Kota Pangkalpinang juga masih mengeluarkan peringatan dini terkait dengan potensi gelombang maksimum dengan ketinggian 2,5 sampai 3,5 meter yang dapat terjadi di wilayah Selat Gelasa, Selatan Bangka, Utara Bangka dan Selat Karimata.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,75 meter, di Selat Gelasa dan Selatan Bangka 0,25 sampai 1,25 meter, di Utara Bangka 0,25 sampai 1,5 meter, sedangkan di Selat Karimata sekitar antara 0,25 sampai 1,75 meter.

"Dengan asumsi ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka ketinggian gelombang di Selat Gelasa, Selatan Bangka, Utara Bangka dan Selat Karimata dapat mencapai 2,5 sampai 3,5 meter," ujarnya.

Di sisi lain BMKG masih mengimbau masyarakat mewaspadai potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar 4 sampai 38 kilometer per jam yang bergerak dari Timur Laut ke Barat Daya, dari Timur ke Barat Daya, dan dari Timur ke Selatan.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Selasa diprakirakan cerah berawan dan berawan dengan peluang terjadi hujan lokal di beberapa wilayah terutama pada siang sampai sore hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan 10 sampai 40 kilometer per jam dengan suhu 22 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 75% hingga 100%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper