Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bambang Brodjonegoro: Inovasi Kunci Pertumbuhan Ekonomi

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang P.S. Brodjonegoro menekankan perlunya inovasi sebagai bagian dari andil mendorong pertumbuhan ekonomi.
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P.S  Brojonegoro menyampaikan sambutan pada Economic & Investment Outlook 2018 bertajuk Optimisme di Tahun Politik di Jakarta, Rabu (17/1/2018)./JIBI-Dedi Gunawan
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P.S Brojonegoro menyampaikan sambutan pada Economic & Investment Outlook 2018 bertajuk Optimisme di Tahun Politik di Jakarta, Rabu (17/1/2018)./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang P.S. Brodjonegoro menekankan perlunya inovasi sebagai bagian dari andil mendorong pertumbuhan ekonomi.

Hal itu ditegaskan Bambang Brodjonegoro saat Sidang Terbuka Institut Teknologi Bandung “Peringatan 98 Tahun Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia” di Aula
Barat ITB, Bandung, Jawa Barat.

Dalam keterangan resminya, Minggu (8/7/2018), Bambang menilai inovasi berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya
manusia.

"Sangat jelas, inovasi merupakan faktor penentu pertumbuhan ekonomi dan peningkatan produktivitas nasional. Inovasi selalu bermula dan berasal dari riset berjangka panjang, yang ditopang oleh peneliti-peneliti andal yang menguasai Iptek. Inovasi juga dapat menciptakan efisiensi dalam perekonomian, sehingga produk-produk yang dihasilkan semakin kompetitif,” tegas Menteri Bambang.

Data Global Competitiveness Index menunjukkan, peringkat Indonesia masih rendah, terutama pada pilar kesiapan teknologi dan pilar inovasi.

Indikator lain seperti kontribusi teknologi tinggi terhadap ekspor manufaktur juga masih rendah.

Sumber daya Iptek yang meliputi pendanaan, jumlah dan kualitas peneliti dan perekayasa, hingga tingkat produktivitas Iptek yang berkaitan dengan paten dan publikasi ilmiah juga masih belum optimal.

Menimbang potensi besar yang dimiliki, Indonesia harus bergerak maju menjadi salah satu pusat pengembangan IPTEK di kawasan Asia dan dunia, terutama di bidang ilmu keteknikan.

“Agar dapat mencapai tujuan dan sasaran ini, perlu disusun strategi yang tepat, yaitu: pertama, adopsi dan penerapan Iptek. Kedua, peningkatan kemampuan dan kemandirian Iptek. Ketiga, pengembangan teknologi berbasis maritim. Keempat, pengembangan dana inovasi. Kelima, pelembagaan model triple helix yang dapat dikembangkan menjadi N-helix, dan keenam, pengembangan Iptek berbasis budaya,” tuturnya.

Dalam hal pengembangan model triple helix, Indonesia perlu memperkuat kemitraan tiga pihak, yakni pemerintah, industri, perguruan tinggi/lembaga Iptek.

Melalui kerja sama dalam triple helix, hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh para akademisi dan peneliti di perguruan tinggi/lembaga Iptek dapat diaplikasikan oleh industri dan dikembangkan menjadi produk komersial untuk kepentingan pasar dan bisnis.

Kerja sama tiga pihak ini juga menuntut perguruan tinggi/lembaga Iptek untuk lebih reponsif terhadap kebutuhan
industri, dengan merujuk pada kebijakan pemerintah.

Kebijakan pemerintah yang diperlukan, antara lain, pemberian insentif bagi universitas dan industri, termasuk insentif perpajakan dalam bentuk double tax deduction, untuk meningkatkan kerja sama dalam kegiatan riset dan pengembangan untuk menciptakan inovasi-inovasi baru.

“Pemerintah akan terus memberi dukungan penuh untuk mendorong percepatan pembangunan Iptek."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper