DUKUNGAN APLIKASI RIDE-SHARING : Telkomsel Bikin Paket Khusus GoJek

Oleh: Duwi Setiya Ariyanti 07 Juli 2018 | 02:00 WIB

JAKARTA—Tingginya jumlah mitra pengemudi kendaraan angkutan umun daring Go-Jek mendorong PT Telekomunikasi Seluler mengeluarkan paket khusus guna menyasar penggunaan data pada segmen pasar tersebut.

Vice President Enterprise Mobile Product Marketing Telkomsel Arief Pradetya mengatakan pihaknya ingin terus menggandakan pemanfaatan jaringan. Arief berujar dengan peluncuran paket khusus pengemudi Gojek itu akan berdampak pada peningkatan kualitas penggunaan aplikasi Gojek.

Penggunaan aplikasi Gojek ini, tuturnya, akan berdampak kepada masyarakat khususnya bagi pengguna yang baru mengadopsi smartphone. Dia menuturkan dengan ekosistem di Gojek, pihaknya bisa menjangkau lebih banyak konsumen potensial untuk menggunakan jaringan Telkomsel.

"Pada gilirannya akan semakin banyak orang mengutilisasi network karena menggunakan internet, lebih besar lagi semua player di industri juga merasakan manfaatnya," ujarnya saat dihubungi Bisnis, Jumat (6/7).

Menurut Arief, aplikasi berbagi tumpangan seperti Gojek bisa menjadi stimulus untuk mendorong pengguna internet menggunakan aplikasi lainnya yang menyerap lebih banyak data. Oleh karena itu, dia berharap agar penggunaan data terus naik melalui kerja sama ini.

Sebagai gambaran, terdapat sekira 150 juta nomor yang terdaftar pascapenerapan kebijakan kartu SIM prabayar. Angka ini turun sebesar 24,5% dibandingkan dengan jumlah nomor beredar di akhir tahun 2017.

Pada Laporan Keuangan, tercatat, jumlah nomor prabayar Telkomsel sebanyak 187,6 juta nomor dan 75,5% di antaranya tepatnya 150.743.389 terdaftar.

Di sisi lain, ketersediaan infrastruktur terus bertumbuh. Seperti diketahui, saat ini Telkomsel telah menggelar sebanyak 167.000 base transceiver station (BTS), dengan lebih dari 35.000 BTS di antaranya merupakan BTS 4G.

"Lewat pengalaman digital yang berkesan, tentunya masyarakat akan lebih sering menggunakan layanannya atau aplikasi lain yang berbasis internet."

Dalam acara peluncuran paket khusus pengemudi Gojek, Vice President Driver Community Gojek, Jaka Wiradisuria mengatakan kerja sama ini bakal membantu meringankan pengeluaran para pengemudi. Pasalnya, 80% mitra pengemudi menggunakan Telkomsel dan menghabiskan pulsa hingga Rp150.000 untuk kuota data rata-rata 10 GB per bulan.

Rincinya, kini terdapat 800.000 mitra pengemudi yang menggunakan nomor Telkomsel dengan 100.000 di antaranya yang telah menggunakan paket ini.

Setidaknya, dengan Paket Siap Online ini para pengemudi hanya mengeluarkan Rp75.000 per bulan dengan manfaat yang sama.

"Mitra pengemudi bisa mendapatkan paket komunikasi dengan harga terjangkau hanya dengan Rp 75.000, melalui akses khusus USSD Menu Browser (UMB)." (Duwi Setiya Ariyanti)

Editor: Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkini Lainnya