Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lapangan Minyak Sukowati Dikelola Pertamina EP

Mulai 20 Mei 2018 operator di lapangan Sukowati bukan lagi dikelola JOB PPEJ melainkan oleh PT Pertamina EP.
Pertamina EP./Energitoday
Pertamina EP./Energitoday

Bisnis.com, BOJONEGORO – SKK Migas Wilayah Jabanusa mengumumkan lapangan Sukowati di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, tidak lagi dikelola Join Operating Body (JOB) Pertamina-Petrochina East Java (PPEJ), tapi dikelola Pertamina EP Asset 4 Sukowati "Field".

"PT Pertamina EP Asset 4 Sukowati "Field" tidak seperti JOB PPEJ yang hanya memiliki wilayah kerja pertambangan hanya di Lapangan Sukowati (Bojonegoro)," kata Kepala Departemen Humas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara (Jabanusa) Doni Ariyantho di Bojonegoro, Jumat (6/7/2018).

Ia menyatakan pengumuman pengelolaan lapangan minyak Sukowati itu disampaikan kepada jajaran Muspika Kecamatan Kapas, Kepala Desa Campurejo, dan Sambiroto, yang masuk ring I lapangan Sukowati juga berbagai elemen masyarakat dalam silahturahi sehari lalu.

Menurut dia, mulai 20 Mei 2018 operator di lapangan Sukowati bukan lagi dikelola JOB PPEJ melainkan oleh PT Pertamina EP.

"Dukungan dari masyarakat sangat diharapkan agar Pertamina EP bisa memproduksikan dan mendapatkan minyak dengan hasil yang sesuai target," ujarnya.

Sementara itu, Sukowati "Field Manager" PT Pertamina Asset 4 "Field" Sukowati Heri Aminanto juga mengharapkan dukungan dari Muspika Kapas, juga pemerintah desa (pemdes) agar PT Pertamina Asset 4 "Field" Sukowati sebagai operator baru bisa menjalankan operasi dengan lancar.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan bahwa Pertamina EP membuka peluang tenaga kerja lokal, dengan beberapa syarat di antaranya memiliki sertifikat yang keluar dari badan resmi, SKCK, "medical check" bebas narkoba, sehat jasmani,dengan batas usia maksimal 56 tahun.

Sesuai rencana PT Pertamina EP, beberapa strategi mengoptimalkan produksi di Lapangan Sukowati, diantaranya rencana pengeboran, perbaikan sarana produksi PPEJ dan target produksi hingga Desember 2018 mencapai lebih dari 7.000 barel minyak per hari (BOPD).

Masa kontrak pengelolaan lapangan Sukowati oleh JOB PPEJ telah habis 28 Februari 2018 kemudian diperpanjang sementara selama 6 bulan.

Mengacu kepada keputusan Menteri ESDM Nomor 2800/13/MEM.M/2018 tanggal 17 Mei 2018, status pengelolaan Lapangan Unitisasi Sukowati akhirnya dialihkan kepada Pertamina EP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper