Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEARIFAN LOKAL, Desa Adat Wae Rebo Tolak Jaringan Telekomunikasi

Telkomsel menyediakan jaringan telekomunikasi untuk mendukung kelancaran komunikasi dalam mendukung kegiatan annual meeting IMF-World Bank yang akan digelar di Bali pada Oktober 2018 mendatang.

Bisnis.com, KUPANG – Warga kampung adat Wae Rebo di Kabupaten Manggarai, Pulau Flores tidak menginginkan masuknya jaringan telekomunikasi ke daerah wisata budaya tersebut, kata Manajer Network System Area (NSA) Kupang PT Telekomunikasi Selular Nusa Tenggara, Jendrohartono.

"Kami sudah berkoordinasi dengan ketua adat dan warga di Kampung Wae Rebo untuk penyediaan jaringan telekomunikasi di daerah wisata itu namun tidak diizinkan," kata Jendrohartono di Kupang, Rabu (4/7/2018).

Ia mengatakan terkait upaya Telkomsel menyediakan jaringan telekomunikasi untuk mendukung kelancaran komunikasi dalam mendukung kegiatan annual meeting IMF-World Bank yang akan digelar di Bali pada Oktober 2018 mendatang.

Usai kegiatan tersebut, katanya, para delegasi dari berbagai negara ditawarkan untuk berkunjung ke berbagai destinasi wisata termasuk yang dipersiapkan yaitu kampung ada Wae Rebo di Pulau Flores.

Jendrohartono menjelaskan, di Kampung Wae Rebo sendiri dihuni sekitar 90 jiwa yang tinggal menyebar pada delapan rumah adat. Namun semua warga telah bersepakat agar tidak boleh ada signal telekomunikasi yang masuk ke daerah itu, katanya.

"Jadi keinginan masyarakat sendiri untuk mempertahankan keaslian budaya mereka jyang sudah dijaga secara turun-temurun," katanya.

Ia mengatakan, meski demikian pihaknya tetap fokus mempersiapkan penyediaan jaringan telekomunikasi yang memadai di destinasi wisata lain yang menyebar di wilayah barat Pulau Flores.

"Karena selain Wae Rebo ada destinasi wisata lain yang juga ditawarkan dalam kegiatan IMF-World Bank seperti yang menyebar di Ende, Manggarai, hingga Labuan Bajo, termasuk di Pulau Sumba," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper