Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Nusa Tenggara Barat Perkuat Manajerial Wirausaha Unggulan

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Nusa Tenggara Barat memprogramkan peningkatan kemampuan manajerial usaha pelaku usaha mikro.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, MATARAM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Nusa Tenggara Barat memprogramkan peningkatan kemampuan manajerial usaha pelaku usaha mikro, kecil dan menengah binaannya yang tergabung dalam Wirausaha Unggulan Bank Indonesia (WUBI).

Kepala Kantor Perwakilan BI NTB Achris Sarwani, di Mataram, Selasa (3/7/2018), mengatakan keberadaan wirausaha sangatlah penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan tenaga kerja karena wirausaha dapat menciptakan peluang usaha baru sehingga akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Oleh karena itu, salah satu strategi kami dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di NTB adalah melakukan pembinaan terhadap wirausaha-wirausaha baru melalui program WUBI 2018," katanya.

WUBI 2018 merupakan kegiatan pendampingan kepada para wirausaha terpilih yang bertujuan meningkatkan kemampuan manajerial usaha.

Achris mengatakan tahap pertama dari program WUBI 2018 adalah pelaksanaan "bootcamp". Selanjutnya, para peserta mengikuti pendampingan sebanyak 6 kali pertemuan, kunjungan ke perusahaan, studi banding dan mini workshop perihal legalitas hukum bisnis.

"Untuk kegiatan 'bootcamp' sudah dilaksanakan di kawasan wisata Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara. Ada 15 pelaku UMKM binaan yang ikut dalam kegiatan tersebut," ujarnya.

Deputi Perwakilan BI NTB Wahyu Ari Wibowo, menambahkan para peserta 'bootcamp' mendapatkan berbagai materi, baik keahlian lunak maupun keahlian keras, di antaranya mengikuti proses penanaman pola pikir wirausaha dan menyelaraskan nilai-nilai pribadi dengan nilai-nilai bisnis.

Selain itu, kemampuan cara membuat model bisnis, manajemen keuangan, keterampilan komunikasi dan manajerial usaha.

Pada kesempatan itu, lanjut Wahyu, pemateri juga menggali proses bisnis dari masing-masing peserta WUBI untuk selanjutnya dibuatkan "dashboard" performa bisnis.

"Jadi, fokus utama kami adalah menyampaikan pentingnya perubahan pola pikir bagi seorang wirausaha dan penanaman kemampuan memimpin dalam membangun bisnis," katanya.

Pihaknya berharap seluruh peserta WUBI 2018 dapat mengaplikasikan materi yang telah diperolah dalam pengelolaan bisnis di dunia nyata, sehingga mampu berkontribusi dalam menggerakkan perekonomian NTB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler