Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perum Perindo Undang Mahasiswa Vokasi UI Magang 6 Bulan

Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) meneken kerja sama program vokasi magang dengan program pendidikan vokasi Universitas Indonesia.
Direktur Utama Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) Risyanto Suanda./Bisnis-Felix Jody Kinarwan
Direktur Utama Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) Risyanto Suanda./Bisnis-Felix Jody Kinarwan
Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) menandatangani kerja sama program vokasi magang dengan program pendidikan vokasi Universitas Indonesia.
 
Pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang menunjang penguasaan keahlian terapan tertentu. Program tersebut mewajibkan mahasiswa vokasi Universitas Indonesia (UI) untuk menjalani program magang selama enam bulan pada perusahaan pelat merah. 
 
Siaran pers Perindo, Jumat (29/6 2018), menyebutkan perusahaan itu merupakan satu dari 13 BUMN yang digandeng oleh Program Pendidikan Vokasi UI. Kesepakatan perjanjian kerja sama dan nota kesepahaman ditandatangani oleh Direktur Utama Perum Perindo Risyanto Suanda dan Direktur Program Pendidikan Vokasi UI Sigit Pranowo Hadiwardoyo. Penandatanganan disaksikan langsung oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno.
 
Selain Perum Perindo, terdapat 12 BUMN lain yang turut serta meneken perjanjian kerja sama, a.l. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., PT Pertamina Bina Medika, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk., Perum Bulog (Persero), PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Taspen (Persero), PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Krakatau Steel (Persero) Tbk., dan Perum Damri (Persero).
 
Menteri Rini mengatakan perjanjian kerja sama magang mahasiswa bersertifikat ini bertujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa menghadapi persaingan global. Apalagi, tantangan industri 4.0 ini dinilai semakin besar. Sebagai contoh, banyak tenaga manusia yang telah digantikan mesin sebagai efek dari digitalisasi.
 
Data Human Capital Index dalam World Economy Forum 2017 menyebutkan Indonesia berada di peringkat ke-7 dari 10 negara ASEAN. Posisi Indonesia tertinggal dari Singapura, Malaysia, bahkan Filiphina. Indonesia hanya satu tingkat di atas Laos.
 
Rini menuturkan indikator penilaian meliputi literasi yang mencakup partisipasi tenaga kerja, pengangguran dan gender gap; kualitas sistem pendidikan dan vokasi; serta know-how terkait penempatan tenaga kerja high-skilled atau medium-skilled.
 
“Perusahaan BUMN berkomitmen menciptakan SDM yang unggul dalam program vokasi. BUMN akan melakukan pendampingan magang dan memberikan valuasi yang sesuai dengan perkembangan industri,” katanya.
 
Rini menargetkan perusahaan pelat merah mampu menyerap 10.000 mahasiswa vokasi pada 2020 di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper