UMKM Bisa Berperan Besar Bagi Pembangunan Sulut

Oleh: Newswire 28 Juni 2018 | 13:33 WIB
UMKM Bisa Berperan Besar Bagi Pembangunan Sulut
Ilustrasi: Perajin skala kecil menyelesaikan pembuatan miniatur becak motor./Antara-Adiwinata Solihin

Bisnis.com, MANADO – Direktur International Council for Small Business (ICSB) Jeffry A.M. Dendeng berpendapat para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Sulawesi Utara seharusnya berperan besar dalam pembangunan daerah.

"Pelaku usaha tersebut memiliki peran yang strategis dalam meningkatkan pembangunan daerah dan pertumbuhan ekonomi," kata Jeffry di Manado, Sulut, pada Kamis (28/6/2018), berkenaan dengan perayaan Hari UMKM Internasional.

Dia mengemukakan UMKM harus didorong agar terus berkembang karena selain berperan strategis, juga tangguh karena terbukti tetap eksis ketika beberapa waktu lalu dilanda krisis ekonomi. Oleh karena itu, saat ini, pelaku usaha tersebut harus terus didorong agar meningkat dari mikro menjadi kecil, dari kecil menjadi menengah dan seterusnya.

Ketua ICSB Manado Ivanry Matu mengatakan perayaan Hari UMKM Internasional di ibu kota Sulut bertemakan "Humane Entreprenuership for Better Indonesia".

Tema tersebut mengandung pesan bahwa para pelaku UMKM dalam berusaha harus memanusiakan pekerja dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusia.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulut Happy Korah mengatakan pemerintah akan terus memfasilitasi pengembangan UMKM sehingga sektor usaha tersebut kian berperan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Dia berpendapat peringatan Hari UMKM Internasional pada 27 Juni 2018 bisa menjadi awal yang baik dalam meningkatkan kualitas UMKM Sulut, apalagi potensinya sangat besar.

Sumber : Antara

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya