Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ironis, Seluruh Cawali Mojokerto Tidak Punya Hak Memilih

Suasana ironis terjadi dalam pemilihan calon wali kota Mojokerto, Jawa Timur. Tak satu pun dari para calon wali kota yang berasal dari kota tersebut.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, MOJOKERTO - Suasana ironis terjadi dalam pemilihan calon wali kota Mojokerto, Jawa Timur. Tak satu pun dari para calon wali kota yang berasal dari kota tersebut.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto, Jawa Timur, Syaiful Amin mengatakan jika seluruh calon Wali Kota (Cawali) Mojokerto tidak memiliki hak memilih pada pemilihan kepala daerah di kota setempat.

"Data KPU Kota Mojokerto, semua Cawali bukan penduduk Kota Mojokerto. Sedang para Calon Wakil Wali Kota (Cawawali) beralamat di wilayah administratif Kota Mojokerto," ujarnya di Mojokerto, Rabu (27/6/2018).

Ia mengemukakan, dalam Form BB.2-KWK yang diumumkan KPU Kota Mojokerto, calon Wali Kota Akmal Boedianto beralamat di Jemursari, Tenggilis, Surabaya; Andy Soebjakto Molanggato tinggal di Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten; Warsito tinggal di Lontar, Sambikerep, Surabaya; dan Ika Puspitasari di Tampungrejo, Puri, Kabupaten Mojokerto.

"Para Cawali tersebut tidak bisa menggunakan hak pilih sebab bukan penduduk Kota Mojokerto. Ini hanya persoalan administratif kependudukan saja. Kami yakin selama ini beliau semua telah menggunakan hak pilih saat Pemilu," ujarnya.

Ia mengatakan, dari keempat Cawali tersebut, tiga di antaranya masih bisa berpartisipasi dalam Pilkada Jawa Timur, karena hanya Andy Soebjakto yang bukan penduduk Jawa Timur.

"Cawali masih bisa mencoblos dalam Pilgub, kecuali mungkin Pak Andy saja ya," ucapnya.

Dalam Pilkada hari ini, kata dia, calon Wakil Wali Kota Rambo Garudo mencoblos di TPS 002 Balong Rawe, Kelurahan Kedundung. Sedang Cawawali Ade Ria Suryani di TPS 012 Kedung Sari, Kelurahan Gunung Gedangan. Cawawali Moeljadi di TPS 008 Lingkungan Griya Permata Meri. Sedangkan Cawawali Achmad Rizal Zakaria di TPS 006 Pulorejo.

"Jumlah daftar pemilih tetap di Kota Mojokerto sebanyak 96.132 orang," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler