Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KUR untuk UMKM di Denpasar Dikucurkan Rp923 Miliar

Sepuluh bank telah menyalurkan dana kredit usaha rakyat atau KUR sebesar Rp923 miliar kepada 73.817 UMKM di Kota Denpasar.
Kredit Usaha Rakyat/Istimewa
Kredit Usaha Rakyat/Istimewa

Bisnis.com, DENPASAR — Sepuluh bank telah menyalurkan dana kredit usaha rakyat atau KUR sebesar Rp923 miliar kepada 73.817 UMKM di Kota Denpasar.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar Made Erwin Suryadarma Sena mengatakan kewajiban nasabah mengembalikan KUR dengan cicilan cukup baik hal ini tercermin dari non performing loan (NPL) atau kredit bermasalah tercatat 0,72%.

“Terkait UMKM kami ikut bersyukur karena adanya klebijakan penurunan pajak penghasilan (PPh) bagi UMKM di Indonesia yang semula 1% kini menjadi 0,5%,” katanya Selasa (16/6/2018).

Menurut Erwin penurunan PPh tersebut diharapkan memacu pertumbuhan UMKM yang telah ikut andil dalam pertumbuhan perekonomian di Denpasar.

Untuk memastikan penyaluran KUR, ia bersama Tim Monitoring dan Evaluasi yang terdiri dari Perwakilan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Bank BPD Bali selaku penyalur KUR, Diskop UKM Kota Denpasar dan Bagian Ekonomi Sumber Daya Alam Setda Kota Denpasar melakukan monitoring dan evaluasi.

Erwin menambahkan  kegiatan itu rutin dilaksanakan setiap tiga bulan sekali untuk memastikan penyaluran KUR di Kota Denpasar sudah tepat sasaran.

UMKM disasar dalam kegiatan monitoring dan evaluasi ini adalah Pengusaha Janur di kawasan Jalan Wibisana Banjar Tulangampiang, Denpasar Utara dan pengusaha kos-kosan di kawasan Desa Sesetan, Kecamatan Denpasar Selatan. 

Erwin menambahakn kegiatan ini juga bertujuan untuk melakukan pemantauan terhadap produktivitas UMKM di Kota Denpasar, terutama terkait pengembalian KUR agar tetap berjalan lancar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper