Kaltara Optimistis Jalan Trans Kalimantan Rampungi 2019

Oleh: Yanuarius Viodeogo 26 Juni 2018 | 18:52 WIB
Ilustrasi/ANTARA-Rony Muharrman

Bisnis.com, JAKARTA – Pemprov Kalimantan Utara memastikan pembangunan jalan trans Kalimantan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) selesai pada 2019 nanti.

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengatakan bahwa percepatan pembangunan jalan dan jembatan untuk memperlancar konektivitas antara daerah serta membuka keterisolasian wilayah di Kaltara.

“Perhatian dari pemerintah pusat ke Kaltara sangat besar utamanya memenuhi kebutuhan infrastruktur jadi ini sangat mendukung. Apalagi dengan kondisi keuangan Kaltara sangat terbatas,” kata Irianto dari siaran pers, Rabu (26/6/2018).

Sejumlah jalan trans Kaltara yang menggunakan APBN seperti meliputi Sekatak (Kabupaten Bulungan) hingga Malinau (Kabupaten Tanah Tidung) menggunakan anggaran Rp180 miliar.

“Insya Allah, Agustus tahun ini sudah mulai kontraknya. Dengan sistem multiyears atau tahun jamak ditargetkan selesai tahun depan,” kata dia.

Selain itu, ada jalan trans Kalimantan arah Malinau untuk pelebaran jalan batas Bulungan-Berau (Kalimantan Timur) dengan pagu anggaran APBN dialokasikan sekitar Rp200 miliar dan sedang dalam proses lelang.

Dia memaparkan pembangunan jalan di Kaltara didanai APBN 2018 seperti pelebaran jalan batas Bulungan (Kaltara)-Berau (Kalimantan Timur), pelebaran jalan Sekatak Buji-Malinau, dan pembangunan jalan Malinau-Long Bawan.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya