Pilgub Jatim 2018 Disaksikan100 Tamu Asing

Oleh: Peni Widarti 25 Juni 2018 | 16:05 WIB
Pilgub Jatim 2018 Disaksikan100 Tamu Asing
Petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan surat berita acara penundaan keberangkatan KM Sabuk Nusantara 56 yang akan memuat logistik Pilkada Jatim 2018 di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (19/6). Pengiriman logistik Pilkada Jatim 2018 ke Masalembu yang rencananya menggunakan KM Sabuk Nusantara 56 itu mengalami penundaan karena cuaca buruk di Laut Jawa bagian timur dan Perairan Masalembu./Antara

Bisnis.com, SURABAYA – Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Jawa Timur pada 27 Juni 2018 akan disaksikan utusan sejumlah negara yang mengikuti Election Visit Program.

Komisioner Divisi Umum Keuangan dan Logistik KPU Jatim, Dewita Hayu Shinta mengatakan sejumlah tamu dari negara lain datang untuk melakukan studi banding. Mereka berasal dari anggota KPU negara luar, kedutaan, dan juga lembaga nonpemerintah.

“Saya tidak hafal persis negaranya, tapi banyak dari negara-negara Asia seperti Malaysia, dan Eropa juga ada,” katanya saat ditemui Bisnis di kantor KPU Jatim, Senin (25/6/2018).

Dijelaskan, tamu dari negara lain itu sekitar 100 orang dan akan melihat langsung proses pemungutan suara di Jatim pada Pilkada Jatim 27 Juni mendatang. Rencananya, kunjungan studi banding tersebut akan dipusatkan di Kota Surabaya dan Sidoarjo.

“Sekarang ini KPU Jatim sedang melakukan persiapan-persiapan untuk meyambut kedatangan mereka,” imbuhnya.

Selain itu, menyambut momen pilkada yang akan berlangsung sebentar lagi, KPU Jatim juga terus melakukan pemantauan pergerakan logistik, dan rencananya pada Selasa (26/6/2018) akan ada doa bersama di depan kantor KPU Jatim.

Berdasarkan data KPU Jatim, jumlah pemilih terdaftar di Jatim tercatat sebanyak 30.155.719 pemilih, sekitar 10% an di antaranya merupakan pemilih pemula . KPU Jatim pun menargetkan tingkat partisipasi dalam pilkada mencapai 77,5%.

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya