UMKM Jatim Lega PPh Final Cuma 0,5%, Hasilnya Bisa untuk Modal

Oleh: Peni Widarti 22 Juni 2018 | 23:44 WIB
UMKM Jatim Lega PPh Final Cuma 0,5%, Hasilnya Bisa untuk Modal
Budi Hermanto, pebisnis skala UMKM dari Sidoarjo/Bisnis.com-Peni Widarti

Bisnis.com, SURABAYA – Pengusaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mengaku lega dan senang dengan adanya pengenaan Pajak Penghasilan (PPh) Final hanya 0,5% dari sebelumnya 1%.

Budi Hermanto, salah satu pengusaha mikro perajin lampu hias terapi di Sidoarjo, Jawa Timur, senang karena kebijakan itu sangat meringankan beban para usaha kecil, apalagi yang baru merintis.

"Biasanya cukup berat, tapi sekarang akan terasa ringan dan penghasilannya bisa dialihkan untuk tabunhan atau modal usaha berikutnya," katanya saat ditemui Bisnis dalam pameran dan peluncuran PPh Final 0,5% di Surabaya pada Jumat (22/6/2018).

Budi mengaku baru menjalani usahanya sekitar 1 tahun dengan modal awal Rp200.000 untuk membeli limbah sisa industri furnitur dari tetangga. Selama setahun ini Budi mampu memperoleh omset hingga Rp25 juta per bulan.

"Selama ini mencari pasar sendiri untuk penjualan dan juga kerja sama dengan pengusaha aroma terapi seperti Narwastu," ujarnya.

Dia menambahkan kerajinan lampu hias terapi yang dijual mulai Rp150.000-Rp250.000 itu baru beberapa kali mengikuti ajang pameran secara lokal.

Budi berharap pemerintah juga membantu memfasilitasi kegiatan pameran untuk produknya.

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya