Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Media dan Rakyat Kroasia Rayakan Sukses Gilas Argentina

Eeuforia media Kroasia kehabisan superlatif lantaran mereka memuji kemenangan Piala Dunia negara Balkan atas Argentina, yang mendorong mereka ke babak sistem gugur Piala Dunia 2018 untuk pertama kalinya sejak turnamen 1998 ketika mereka berakhir di urutan ketiga.
Warga Kroasia di Zagreb merayakan sukses tim nasional mereka menggilas Argentina 3-0 di Piala Dunia 2018/Reuters
Warga Kroasia di Zagreb merayakan sukses tim nasional mereka menggilas Argentina 3-0 di Piala Dunia 2018/Reuters

Bisnis.com, ZAGREB - Eeuforia  media Kroasia kehabisan superlatif lantaran mereka memuji kemenangan Piala Dunia negara Balkan  atas Argentina, yang mendorong mereka ke babak sistem gugur Piala Dunia 2018  untuk pertama kalinya sejak turnamen 1998 ketika mereka berakhir di urutan ketiga.

Kemenangan 3-0 pada  Kamis (21/6) di Nizhny Novgorod membuat Kroasia lolos dengan pertandingan yang oleh media Kroasia  --seperti digambarkan oleh harian Sportske Novosti-- sebagai "kemenangan luar biasa untuk diceritakan oleh generasi mendatang."

"Ini adalah rhapsody yang harus diingat selama bertahun-tahun dan pertunjukan menunjukkan  generasi Kroasia saat ini dapat membuat semua impian kita menjadi kenyataan."

Edisi online surat kabar itu juga memercikkan foto-foto para penggemar yang bersorak-sorai di seluruh negeri, beberapa orang mandi di air mancur kota Zagreb dan yang lain mengenakan kemeja dan syal tim merah-putih kotak-kotak.

Sporstke Novosti mengatakan, "masterclass" taktis pelatih Zlatko Dalic menahan talenta Argentina ke depan Lionel Messi dan membantu Kroasia menenggelamkan Argentina dengan gol "babak kedua" yang brilian dari Ante Rebic, Luka Modric dan Ivan Rakitic.

Situs web www.index.hr mengatakan Kroasia tidak pernah menghabiskan saingannya di Argentina dengan begitu tegas, menambahkan bahwa mereka sekarang berada dalam posisi "hanya para penggemar paling berani yang berani bermimpi."

"Sekarang penting untuk menyelesaikan puncak grup untuk menghindari kemungkinan pertandingan 16 besar dengan Prancis," katanya, menambahkan  "Dejan Lovren sejauh ini menjadi bek tengah terbaik di turnamen dan Modric tim yang paling luar biasa."

Ini juga memercikkan foto-foto penggemar yang turun ke jalan di kota-kota dan menyalakan suar setelah pertandingan dan mengutip salah satu dari mereka yang mengatakan itu adalah "hari terbaik dalam hidupku."

Yang lain mengatakan: "Babak pertama tidak bagus, tetapi kami menghancurkan mereka di babak kedua dan saya harap kami bisa terus menembak ke semua silinder sampai ke final."

Split daily  Slobodna Dalmacija  mengatakan Kroasia "mengejutkan Messi, Diego Maradona dan seluruh dunia," menambahkan  pemenang Piala Dunia 1986 Argentina Maradona tidak bisa menahan air mata setelah pertandingan.

"Penggemar Kroasia di Nizhny Novgorod berada dalam ayunan penuh, meskipun kalah tiga banding satu oleh drum olahraga kontingen Argentina," katanya menambahkan.

Vecernji List memuat foto ribuan penggemar menjejali alun-alun kota Ban Jelacic di pusat kota untuk menonton pertandingan di layar raksasa dan menyalakan beberapa suar setelah peluit akhir.

"Kemenangan itu dirayakan di seluruh Kroasia setelah pertunjukan yang menghancurkan dongeng Argentina Messi menjadi serpihan," katanya.

"Sementara Messi benar-benar tenang, Modric bermain seperti seorang penyihir dan berhak mendapat semua pujian."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper