Ilustrasi minuman beralkohol/Antara-Wahdi Septiawan
Health

3 Makanan Ini Harus Dihindari Setelah Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Jumat, 22 Juni 2018 - 00:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Terkadang setelah Anda minum-minuman beralkohol secara berlebihan, pada pagi hari Anda merasakan hangover di mana tanda-tandanya sendi tubuh Anda akan terasa sakit, tenggorokan dan mulut terasa kering, serta perut Anda akan terasa berputar di mana rasa mual pun akan terasa pada diri Anda.

Terkadang, tanda-tanda tersebut terasa sama ketika Anda merasa lapar. Namun, memiliki makanan atau minuman yang salah untuk dikonsumsi dalam membuat kondisi hangover Anda menjadi lebih buruk.

Untuk itu Insider memberikan tiga tips makanan dan minuman yang harus Anda hindari ketika sedang mengalami Hangover (efek tubuh usai mengonsumsi minuman beralkohol);

1.      Jangan konsumsi makanan berminyak

Ahli gizi dan pelatih kesehatan di Institute for Integrative Nutrition, Ali Tager mengatakan kepada Insider bahwa mengomsumsi makanan yang berminyak setelah mengonsumsi minuman beralkohol adalah hal yang terburuk yang Anda lakukan untuk tubuh Anda.

"Alkohol dipecah melalui jalur metabolisme yang sama dengan lemak, jadi saat tubuh Anda memecah margarita yang Anda konsumsi tadi malam, itu [perut ANda] harus menempatkan makanan berminyak itu ke samping," ungkap Ali.

Otomatis, tubuh Anda akan menyimpan lemak karena tidak dapat mencerna makanan berminyak dan alkohol pada saat yang sama, membuat tubuh Anda akan merasa buruk lebih lama. Bagaimanapun, makanan asin diperbolehkan untuk dikonsumsi karena akan mendorong Anda untuk minum lebih banyak air dan rehidrasi lebih cepat.

2.      Jangan makan banyak protein

"Selain itu, berhati-hatilah terhadap rasio protein terhadap karbohidrat dari makanan Anda. Gula darah Anda mungkin rendah karena mengonsumsi alkohol berlebihan, jadi pastikan bahwa makanan Anda termasuk seimbang antara karbohidrat dan protein yang sehat agar tetap stabil," ungkap Tager.

Oatmeal, bubur, dan makanan lembut lainnya yang mudah diolah adalah makanan yang tepat untuk Anda.Untuk makanan yang lebih sehat, Tager merekomendasikan makan protein tanpa lemak seperti ayam atau kalkun dengan karbohidrat kompleks seperti ubi jalar, quinoa atau beras merah.

3. Jangan minum kopi dan jus jeruk

Saat Anda mengalami Hangover Tager menyarankan agar Anda tidak meminum jus jeruk atau kopi saat pagi hari. Anda harus menghindarinya.

"Anda harus menghindari jeruk karena itu keras pada perut Anda," kata Tager.

"Kafein adalah diuretik dan akan menguras tenaga Anda dari air dan hidrasi yang diperlukan untuk hangover," kata ahli gizi klinis dan pendiri Bonafide Provision, Sharon Brown.

Selain itu, obat mabuk juga menyebabkan sakit perut dan dehidrasi yang bisa membuat gejala-gejala hangover Anda akan menjadi lebih buruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Thisisinsider.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro