Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Kapal Angkut Pemudik Gratis Sepeda Motor Semarang-Jakarta

Kementerian Perhubungan kembali mengerahkan lima kapal untuk melayani arus balik pemudik sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta hari ini Kamis (21/6/2018).

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan kembali mengerahkan lima kapal untuk melayani arus balik pemudik sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta hari ini Kamis (21/6/2018).

Lima kapal yang melayani arus balik itu yakni tiga kapal perintis yaitu KN Sabuk Nusantara 84, 85 dan 97 untuk mengangkut penumpang. Kemudian dua  kapal ternak yaitu KN Camara Nusantara 01 dan 02 untuk mengangkut sepeda motor.

Pembarangkatan tersebut mengangkut  867 pemudik dengan tiga kapal perintis dan  378 sepeda motor dengan dua kapal ternak dari Semarang ke Jakarta.

"Pemberangkatan 5 kapal hari ini masih merupakan bagian dari 16 kapal yang disediakan Ditjen Hubla Kemenhub dalam melayani arus balik peserta mudik gratis dengan kapal dari Semarang dan sekitarnya, ” ujar Ahmad Wahid, Kepala Kantor Kesyahbandaran Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, melalui siaran pers Kemenhub hari ini Kamis (21/6/2018).

Tahun ini, Kementerian Perhubungan menyiapkan 16 unit kapal yang terdiri dari 10 unit kapal perintis, lima unit kapal ternak serta satu kapal roll on-roll of (Roro).

“Alhamdulillah animo masyarakat untuk mengikuti mudik gratis dengan kapal laut tahun ini naik. Hal ini menunjukan semakin membaiknya pemahaman masyarakat yang ingin mudik dengan aman, selamat, tertib dan nyaman dengan menggunakan kapal laut dibanding melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor di jalan raya,” lanjut Wahid.

Untuk itu, ujar dia, Kemenhub terus mengimbau kepada para pemudik untuk memanfatkan mudik gratis dengan kapal. 

"Besok Jumat (22/6) merupakan hari terakhir pemberangkatan kapal  mudik gratis dari Semarang tujuan Jakarta.  Untuk itu  bagi masyarakat yang akan memanfaatkan momen mudik gratis dengan kapal masih diberikan kesempatan untuk mendaftar segera sampai besok keberangkatan," tuturnya.

Menurut  Wahid, hingga H+5 Hari Raya Idul Fitri 1439H/2018,  kegiatan pelepasan arus balik peserta mudik gratis sepeda motor dengan kapal tahun 2018 telah berjalan lancar dan sukses.

"Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan akan terus memantau dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat khususnya yang memanfaatkan mudik gratis sepeda motor dengan kapal agar pelayarannya dapat selamat,  tertib,  aman dan nyaman"  ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhmad Mabrori
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper