Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KM Dobonsolo Angkut 1.689 Pemudik Gratis rute Semarang-Tanjung Priok

Sebanyak 1.689 pemudik dengan 739 sepeda motor di berangkatkan ke Jakarta dari Semarang dengan Kapal KM Dobonsolo di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang hari ini Rabu (20/6/2018).
Pemudik menaiki motornya seusai turun dari Kapal KM Dobonsolo saat tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (1/7/2017)./ANTARA-Rivan Awal Lingga
Pemudik menaiki motornya seusai turun dari Kapal KM Dobonsolo saat tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (1/7/2017)./ANTARA-Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 1.689 pemudik dengan 739 sepeda motor di berangkatkan ke Jakarta dari Semarang dengan Kapal KM Dobonsolo di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang hari ini Rabu (20/6/2018).

Pemberangkatan arus balik  Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal, sebanyak 1.689  penumpang dan 739 sepeda motor telah diberangkatkan dengan KM. Dobonsolo dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tujuan Tanjung Priok Jakarta, hari ini, Rabu (20/6/2018)

Pelepasan KM. Dobonsolo dalam program Mudik Gratis Sepeda Motor tersebut dilakukan oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjung Emas Semarang Ahmad Wahid.

“Sore ini untuk kedua kalinya KM Dobonsolo milik PT PELNI diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang melayani peserta arus balik mudik gratis sepeda motor menuju Tanjung Priok Jakarta,“ ujarnya melalui melalui siaran persnya Rabu (20/6/2018).

Senin (18/6/2018) lalu, KM Dobonsolo juga melayani Mudik Gratis Sepeda Motor ke Jakarta melalui rute pelayaran yang sama, yaitu Tanjung Emas—Tanjung Priok.

Menurut Wahid, hingga H+4 Hari Raya Idul Fitri 1439H/2018,  kegiatan pelepasan arus balik peserta mudik gratis sepeda motor dengan kapal tahun 2018 telah berjalan lancar dan sukses. Bahkan kuota mudik gratis sepeda motor dengan KM. Dobonsolo  telah mencapai 95 persen untuk arus balik.

"Kondisi ini tentunya menunjukkan bahwa animo masyarakat untuk memanfaatkan angkutan laut meningkat. Sebab mudik dengan kapal laut selain lebih aman dan nyaman, dalam perjalanannya para pemudik dapat memanfaatkan semua fasilitas diatas kapal secara gratis bahkan  berkesempatan mendapat hadiah langsung diatas kapal,” ujar dia.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub telah menyediakan 16 kapal untuk terus melayani dan mengangkut arus balik peserta mudik gratis sepeda motor dengan kapal setiap hari mulai tanggal 18 hingga 22 Juni 2018 dari Semarang tujuan Jakarta.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut masih membuka program mudik gratis untuk arus balik ke Jakarta dengan kapal laut melalui Pelabuhan Tanjung Mas di Semarang.

"Ayo, segera daftarkan. Masih ada slot tersedia dengan keberangkatan melalui Posko mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut untuk arus balik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada tanggal 19, 20, 21 dan 22 Juni 2018," ujar Wahid.

Data Posko Angkutan Laut Lebaran 2018, hingga H+4 Hari Raya Idul Fitri 1439H/2018, kuota mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan telah mencapai di atas 75 persen untuk arus balik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhmad Mabrori
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper