JLAJAH WISATA MALANG, Kemolekan Pantai Perawan Menggoda

Oleh: Choirul Anam 18 Juni 2018 | 14:51 WIB
Pantai Bajul Mati./Foto by Yoiki Malang

Bisnis.com, MALANG—Kabupaten Malang memiliki destinasi wisata terlengkap, ada destinasi gunung, pantai dan warisan sejarah berupa candi. Tak ayal lagi, kekayaan objek wisata menjadikan daerah ini wajib masuk agenda dikunjungi.

Jumlah pantai yang indah tercatat ada 23 titik sepanjang 102 km. Sebagian besar masih 'perawan' karena belum digarap. Masih menunggu sentuhan dari pemerintah setempat maupun investor.

Berikut ini gambaran sejumlah pantai di Malang yang bisa masuk agenda liburan Anda.

Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep terletak di tepi Samudera Indonesia di Desa Kedungsalam, Kec. Donomulyo, 62 km dari arah selatan Kota Malang. Pantai tersebut memiliki keindahan alam yang masih natural dengan perpaduan tebing-tebing yang curam serta hutan lindung yang menjadi daya tarik utamanya.

Ditambah pasirnya yang berwarna putih bersih dan masih alami, serta ombak yang menggulung di sela-sela tebing menambah keelokan pemandangan pantai tersebut.

Di sekitar pantai yang banyak ditumbuhi pepohonan rindang yang bisa dijadikan tempat bermain. Apalagi angin sepoi-sepoi dipadu dengan hamparan pasir putih lembut akan menambah nuansa liburan Anda semakin menyenangkan.

Dengan luas lebih 10 hektare, pantai tersebut terdiri atas hutan lindung, areal wisata, penginapan dan lahan parkir. Selain itu, ada juga penginapan penginapan dan cottage.

Alkisah, Ngliyep berarti suatu kondisi yang membuat kita akan merasa ngantuk atau tertidur. Jadi jika Anda menikmati pantai ini, mungkin Anda akan merasa mengantuk kelamaan. Pantai ini bisa dikatakan cukup bersih karena bukanlah merupakan objek wisata yang populer.

Hikmiah Sr (24), warga Kel. Bunulrejo, Kec. Blimbing Kota Malang, mengemukakan, pemandangan Pantai Ngliyep sangat indah. Namun sayang keberadaannya kurang tertata layaknya objek wisata yang baik. Pepohonan tidak diatur sedemikian rupa sehingga menyatu dengan keindahan alam pantai.

Pantai Tamban

Pantai Tamban merupakan sebuah kawasan pantai yang terletak di pesisir selatan tepi Samudera Indonesia yang secara administratif masuk ke dalam wilayah Dusun Tambakrejo, Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur.
Pantai Tamban memiliki pasir berwarna putih bersih yang membentang sepanjang 1.500 meter. Ditambah banyaknya bebatuan di sepanjang tepian pantai makin mempercantik pemandangan pantai.

Pengunjung dapat menyaksikan indahnya panorama laut lepas yang berada di balik Pulau Sempu dan memang berada berhadapan dengan Pantai Tamban ini.

Alkisah, nama Tamban dalam bahasa Jawa artinya obat. Legenda yang ada menyebutkan, keberadaan air di Pantai Tamban konon di masa lalu pernah dipergunakan menjadi obat bagi kiai yang tinggal di hutan yang serta yang membuka kawasan tersebut, Kyai Mangun, Kyai Ngastowo, dan Kyai Yaser.

Pantai Tamban memiliki fasilitas penginapan bagi para pengunjung untuk bermalam, yakni beberapa buah penginapan kayu, yaitu kawasan akomodasi yang elegan dengan kapasitas dua orang per kamar.

Jezzy (24), warga Kel. Bunulrejo, Kec. Blimbing, Kota Malang, mengatakan terkesan dengan keindahan Pantai Tamban. “Betul-betul indah dan alami. Tidak rugi berlama-lama menempuh perjalanan dari Kota Malang menuju Pantai Tamban karena begitu datang ke lokasi pena-penat seakan hilang karena melihat pemandangan yang betul-betul mengasyikkan,” ucapnya.

Pantai Bajul Mati

Pantai Bajulmati merupakan nama dari sebuah pantai di pesisir selatan Pulau Jawa yang letaknya di berada di Desa Gajahrejo, Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur dengan jarak tempuh sekitar 58 km dari pusat Kota Malang.

Nama Bajulmati konon karena penemu pantai tersebut menemukan bajul mati di awal abad ke-19-an. Pendapat lain menyebutkan deretan batu karang panjang yang berbentuk menyerupai bentuk seekor buaya saat dihempas ombak pasang.

Untuk menemukan keindahan pasir putih di pantai, wisatawan tidak perlu harus jauh-jauh datang ke Bali. Pantai Bajulmati menawarkan hamparan pasir putih yang ditingkahi hamparan bebatuan karang yang terbentang sehingga pantai tersebut tampil cantik.

Keberadaan teluk-teluk di pantai menambah elok pemandangan sehingga merupakan tempat yang cocok untuk tujuan wisata maupun berkemah.

Selain menawarkan keindahan panorama yang indah, Bajulmati juga menawarkan objek wisata lainnya, yakni Goa Wil atau dikenal pula dengan Gua Cina yang masih berada dalam satu kompleks pantai tersebut.

“Pemandangan pantai menakjubkan karena wisatawan langsung melihat langsung laut lepas. Luar biasa,” kata Athul, warga Kec. Blimbing.

Sekretaris Daerah Kab. Malang, Abdul Malik mengatakan pemda serius mengembangkan destinasi wisata pantai di daerah tersebut. Bentuknya dengan mengalokasikan anggaran yang signifikan untuk pengembangan infrastruktur menuju objek pantai.

Kawasan pantai yang sudah sangat siap dijual ke investor, Pantai Ngliyep dan Pantai Balekambang.

Pantai Ngliyep bahkan pengelolaanya sudah ditangani Pemkab Malang sehingga program pengembangannya menjadi kewenangan daerah. Yang segera diupayakan, penyerahan Pantai Balekambang dari pemerintah pusat ke Pemkab. Malang.

Pesan Petualang

Sebagai tambahan informasi, akses pantai selatan di Malang berada di sekitar kawasan jalur lintas selatan yang sudah terbangun baik sebagian. Namun demikian, akses dari Kota Malang ke pantai yang berkisar 88 km ada yang melalui jalan selebar 6 meter dan membelah hutan dan gunung. Oleh karenanya, perhitungan waktu dan kondisi kendaraan perlu diperhatikan.

Selain itu, pantai bernama berbeda-beda tersebut sebenarnya masih satu bentang bibir pantai dengan karakter tepian laut berhias karang. Bila pengunjung ingin mendapati pantai berpasir putih, maka disarankan datang selepas tengah hari, saat air surut.

Bila ingin berlama-lama, penginapan bertarif Rp200.000-Rp300.000 per malam tersedia di sejumlah pantai. Penyewaan tenda, tikar, rumah makan dengan harga per porsi Rp10.000 juga banyak tersedia.

Adapun bila bosan di satu pantai, Anda dengan mudah kembali ke Jalur Lintas Selatan dan menyusurinya sehingga mendapati pantai lain di sepanjang jalan itu. Pantai karang ini juga bisa menjadi spot menarik bagi penghobi memancing.

Tiket masuk rata-rata Rp10.000 per orang dan tiket masuk mobil sekaligus parkir Rp15.000. Bila berpindah pantai lain, Anda diharuskan membayar lagi. Jadi pastikan cukup waktu dan tenaga bila hendak menikmati pantai perawan Malang sisi selatan.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer