Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Pelabuhan di Bali Layani 2.065 Unit Kapal

Bali memiliki lima pelabuhan laut yang melayani 2.065 unit kapal selama bulan April 2018, suatu jumlah yang menurun 15,37 persen dibanding bulan sebelumnya (Maret 2018), akibat berkurang kapal yang singgah.
Wisatawan berada di atas kapal di perairan Pelabuhan Benoa, Denpasar, Senin (18/9)./ANTARA-Nyoman Budhiana
Wisatawan berada di atas kapal di perairan Pelabuhan Benoa, Denpasar, Senin (18/9)./ANTARA-Nyoman Budhiana

Bisnis.com, JAKARTA - Bali memiliki lima pelabuhan laut yang melayani 2.065 unit kapal selama bulan April 2018, suatu jumlah yang menurun 15,37 persen dibanding bulan sebelumnya (Maret 2018), akibat berkurang kapal yang singgah.

" Di Pelabuhan Benoa kunjungan kapal merosot 3,71 persen, dan di sejumlah pelabuhan lainnya di Pulau Dewata dibanding dengan bulan yang sama tahun sebelumnya juga menurun 19,82 persen," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali Adi Nugroho di Denpasar, Minggu (17/6/2018).

Ia mengatakan penurunan jumlah kapal yang merapat di Bali tersebut terutama dipicu oleh berkurangnya jumlah kapal yang berangkat dari pelabuhan Kusamba, Kabupaten Klungkung tujuan Nusa Penida maupun kapal dari Pelabuhan Padangbai tujuan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ribuan kapal laut yang berangkat dari Bali tujuan ke berbagai daerah tujuan di Indonesia selama bulan April itu mengangkut 242.926 penumpang, meningkat 15.464 orang atau 6,80 persen dibanding bulan sebelumnya (m-to-m) tercatat 227.462 orang.

Adi Nugroho menambahkan, meningkatnya jumlah penumpang tersebut dipicu bertambahnya penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Nusa Penida- Nusa Lembongan-Buyuk sebesar 55,39 persen, jika dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya (y-on-y) yang juga meningkat sebesar 29,19 persen.

Kondisi yang berbeda terjadi untuk jumlah angkutan barang pada bulan April 2018 mengalami penurunan (m-to-m) sebesar 5,47 persen yakni dari 15.118 ton, menurun hingga 37,41 persen secara m-to-m. Jumlah barang yang dimut lewat Pelabuhan Benoa, Denpasar menurun sebesar 1,43 persen.

Lima buah pelabuhan laut di Bali terdiri atas pelabuhan Gilimanuk (Bali barat) yang menghubungkan dengan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, dan Pelabuhan Padangbai (Bali timur) yang menghubungkan dengan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selain itu juga Pelabuhan Benoa, di Denpasar yang berfungsi untuk pelabuhan penumpang ke berbagai daerah tujuan di Indonesia timur, di samping pelabuhan wisata dan pelabuhan perikanan.

Demikian pula Pelabuhan Celukan Bawang di Kabupaten Buleleng, Bali utara yang berfungsi sebagai pelabuhan angkutan barang, di samping Pelabuhan Nusa Penida, yang khusus melayani penyeberangan lokal di Bali, ujar Adi Nugroho

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper