Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awasi Keselamatan Kapal, Kemenhub Kerahkan 2 Kapal Patroli di Kepulauan Seribu

Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mensiagakan dua unit kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara untuk melakukan pengawasan keselamatan pelayaran kapal-kapal tradisional yang berlayar dari Pelabuhan Kali Adem ke Kepulauan Seribu dan sebaliknya.
Kapal patroli KN.P 50045/Istimewa
Kapal patroli KN.P 50045/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mensiagakan dua unit kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara untuk melakukan pengawasan keselamatan pelayaran kapal-kapal tradisional yang berlayar dari Pelabuhan Kali Adem ke Kepulauan Seribu dan sebaliknya.

Kasie. Operasi Pangkalan PLP Tanjung Priok, Capt. Pujo Kurnianto mengatakan dua kapal yang dikerahkan yakni KNP.348 dan KNP.206. Dia menambahkan,

Pangkalan PLP Tanjung Priok juga menyiagakan satu unit sea rider SAR yang akan mulai bergerak melakukan pengawasan di alur Muara Angke sampai Kepulauan Seribu hingga satu pekan ke depan.

"Jumlah personel SAR yang kami siagakan sebanyak enam orang," ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (16/6/2018).

Menurut Capt. Pujo, kegiatan patroli saat Hari Raya Idulfitri merupakan tindaklanjut dari Telegram Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor 61/V/DN-18 tanggal 28 Mei 2018 tentang peningkatan pengawasan keselamatan dan keamanan pelayaran khususnya pada hari besar, libur dan cuti bersama.

Sebelumnya, Capt. Pujo juga menjelaskan bahwa kapal patroli KPLP milik Pangkalan PLP Tanjung Priok juga mengawal pelayaran kapal mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

"Ini merupakan panggilan hati bagi kami, bagaimana kami dapat ikut berperan serta di penyelenggaraan angkutan laut Lebaran," pungkasnya.

Menurut Capt. Pujo, personil PLP yang profesional harus cepat bertindak saat terjadi kecelakaan di laut, tegas dalam menegakkan hukum, serta menghindari perbuatan dan tindakan tercela.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper