Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keuangan Pasca-Lebaran Terancam? Kaji Ulang Pos Ini

Sebagai individu maupun keluarga, perencanaan keuangan pasca-Lebaran sudah harus disiapkan sejak dini agar tidak terbelit masalah di kemudian hari.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Sebagai individu maupun keluarga, perencanaan keuangan pasca-Lebaran sudah harus disiapkan sejak dini agar tidak terbelit masalah di kemudian hari.

Perencana keuangan OneShildt M. Andoko mengatakan dari sisi pengeluaran pos yang dapat dikaji kembali pasca Lebaran yang pertama adalah liburan. Pasalnya, anak-anak biasanya mengajak liburan. Kedua, biaya sekolah karena dalam waktu bersaman anak anak harus register ulang atau kenaikan kelas. Pos pengeluaran selanjutnya adalah masalah utang, karena pengeluaran banyak di bulan Ramadan dan habis lebaran individu atau keluarga tidak cukup uangnya, akhirnya dia harus mendanai dengan utang.

" Namun yang patut diingat utang sebenarnya pilihan terakhir, " katanya kepada Bisnis, Sabtu (16/8/2018).

Supaya dapat menyusun skala prioritas, Andoko mengatakan setiap individu atau keluarga memiliki dokumentasi aset terhadap pengeluaran seacara reguler, dan juga dokumentasi pengeluaran ditahun lalu. Dengan kata lain, individu atau keluarga diminta untuk mendokumentasikan terhadap pengeluaran terhadap incomenya jadi akan kelihatan kebutuhan yang sebanarnya seperti apa.

"Lihat pos-pos mana yang keluar banyak atau yang diluar dugaan. Kalau banyak yang diluar dugaan otomatis akan timbul hutang, " lanjutnya.

Lalu pos apa saja yang dapat dihemat atau dibatasi dari pengeluaran harian?

Dia mengatakan sebenarnya liburan bisa diminalkan misalnya cuma liburan di dalam kota atau liburan memanfaatkan apartemen kosong, bisa berenang yang penting keluar rumah.

"Karena kan kalau memilih liburan maka yang perlu dipertimbangkan adalah akomodasi, transportasi, makan, jumlah orang, bahkan asuransi perjalanan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper