Jelang Lebaran, Harga bahan Pokok di Medan Relatif Stabil, Kecuali Cabai Rawit

Oleh: Juli Etha Ramaida Manalu 14 Juni 2018 | 17:32 WIB
Kebutuhan pokok di pasar tradisional./Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, MEDAN— Jelang Idul Fitri, harga bahan pokok di Sumatra Utara, khususnya Medan terpantau normal, kecuali untuk cabai kecil atau cabai rawit.

Ketua Tim Pemantau Harga Medan Gunawan Benjamin menyebutkan sejauh ini, harga bahan pangan di kota Medan terpantau stabil dan masyarakat tidak perlu khawatir akan terjadinya lonjakan harga.

“Saya melihatnya sampai hari ini harga bahan pangan masih stabil, tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” katanya kepada Bisnis, Kamis (14/6/2018).

Kendati demikian, dia melihat terjadi sedikit peningkatan harga pada cabai kecil atau cabai rawit yang saat ini mencapai Rp40.000 per kilogram (kg) dari sebelumnya Rp34.000 per kg.

Terkait dengan kenaikan harga ini, dirinya menilai masih pada belum sampai pada tahap di luar kewajaran mengingat persediaan dan permintaan sebelum lebaran yang terbilang tidak stabil. Harga di perdagang pengecer, menurut Gunawan, juga tidak seragam.

Pasalnya, banyak pedagang yang libur sementara belanja pembeli juga sudah mulai menurun. Para pedagang menjual murah sisa barang dagangan yang tidak tahan disimpan lama sebelum berlibur.

Di sisi lain, permintaan tinggi berpeluang terjadi tetapi stok sudah tidak mencukupi. Kurangnya stok terjadi karena petani tidak melakukan panen.

“Karena pada umumnya h-5 itu mereka sudah tidak lagi ke ladang. Jadi, barang yang beredar di masyarakat itu justru barang lama yang harganya cenderung bergerak liar,” jelasnya.

 

 

Editor: Maria Yuliana Benyamin

Berita Terkini Lainnya