Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaga Kualitas Layanan Selama Libur Lebaran, PLN Balikpapan Terjunkan 400 Personel

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara menyiagakan sebanyak 400 personel untuk bersiaga menjaga keandalan jaringan listrik selama libur Idulfitri.
Teknisi melakukan perawatan rutin perbaikan jaringan listrik./JIBI-Paulus Tandi Bone
Teknisi melakukan perawatan rutin perbaikan jaringan listrik./JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, BALIKPAPAN—PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara menyiagakan sebanyak 400 personel untuk bersiaga menjaga keandalan jaringan listrik selama libur Idulfitri.


"Mereka bersiaga di 54 pos siaga yang tersebar di Balikpapan, Samarinda, Tenggarong, Bontang, Tanjung Redeb, dan Tarakan. Pos siaga sampai ke kantor layanan terkecil," kata General Manager PT PLN Kaltimra Riza Novianto Gustam di Balikpapan, Rabu (13/6/2018).

Kesiagaan di pos-pos ini akan berlangsung sampai 29 Juni 2018. Selama 2 pekan sejak 7 hari sebelum Idulfitri hingga 7 hari sesudahnya juga tidak ada kegiatan pemeliharaan yang terjadwal, sehingga tidak ada pemadaman listrik sebab pemeliharaan tersebut.

"Kondisi pembangkit di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara sudah dalam kondisi siap. Sebelum Ramadan kami telah melakukan pemeliharaan rutin untuk kesiapan mesin-mesin ini memasok daya selama Ramadan dan Idul Fitri berlangsung," papar Gustam.

Ia menambahkan, kesiagaan petugas di pos terutama untuk mengantisipasi cuaca ekstrem yang mungkin terjadi, semisal hujan dan angin kencang.

Untuk itu, PLN menjamin semua petugas sudah mengetahui prosedur operasi standar yang harus dilakukan.

Menurut Gustam, sesuai dengan pola pemakaian listrik dari Ramadan dan Idulfitri pada tahun-tahun sebelumnya, pemakaian tertinggi akan terjadi di pelanggan rumah tangga, walaupun beban puncak akan turun.

Sistem Mahakam, misalnya, dari beban puncak setiap hari yang saat ini mencapai 370 MW, turun menjadi 350 MW.

Keandalan sistem kelistrikan Kalimantan Timur bertambah baik setelah Sistem Mahakam bergabung dengan Sistem Barito di Kalimantan Selatan.

Penggabungan kedua sistem membentuk Sistem Kalimantan dengan daya hingga 1.600 Mega Watt (MW) dan melayani tidak kurang dari 3 juta pelanggan, menghubungkan jalur tidak kurang dari 800 kilometer mulai dari Banjarmasin di selatan sampai Sangatta, Kutai Timur, di utara.

Keandalan Sistem Kalimantan didukung oleh pembangkit-pembangkit bertenaga uap, baik di Kalimantan Selatan maupun di Kalimantan Timur dan pembangkit diesel bersiaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ratna Ariyanti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper