Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seleksi CPNS 2018: BKN Siapkan Infrastruktur https://sscn.bkn.go.id,

Badan Kepegawaian Nasional tengah menyiapkan infrastruktur pendukung proses penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini.
Sejumlah peserta seleksi CPNS Basarnas Kendari menerima arahan di kantor Badan Kepegawaian Negara di Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (23/10)./ANTARA-Jojon
Sejumlah peserta seleksi CPNS Basarnas Kendari menerima arahan di kantor Badan Kepegawaian Negara di Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (23/10)./ANTARA-Jojon

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Kepegawaian Nasional tengah menyiapkan infrastruktur pendukung proses penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini.

Melalui siaran pers, Kepala Biro Hubungan Masyarakatn BKN Mohammad Ridwan mengatakan, pihaknya akan menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk proses pendaftaran melalui laman web SSCN di alamat https://sscn.bkn.go.id, proses seleksi administrasi, hingga proses seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetisi bidang (SKB).

“Sesuai dengan rencana Pemerintah untuk kembali membuka penerimaan CPNS tahun 2018, BKN sebagai koordinator pelaksana seleksi nasional tengah menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan,” katanya.

Selagi menunggu pengumuman penerimaan CPNS resmi yang akan dikeluarkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB), BKN telah melakukan peningkatan kapasitas (upgrading) website SSCN.

Hal itu, lanjutnya, disebabkan oleh perkiraan pendaftar yang akan melonjak hingga 8 juta-10 juta orang. Selain itu, sistem Helpdesk dan pengaduan juga akan dilaksanakan dengan lebih efektif, cepat, transparan dan efisien.

Sistem Helpdesk ini akan dibuat secara dalam jaringan atau online yang menyatu dengan web SSCN,  maupun offline di Kantor Pusat BKN dan 14 Kantor Regional BKN.

Adapun, untuk pelaksanaan SKD dan SKB sendiri, akan dilakukan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN dengan SOP dan fitur perangkat lunak yang sudah dimutakhirkan oleh BKN.

Ridwan mengatakan, karena penerimaan CPNS kali ini diperkirakan untuk penambahan PNS di pusat dan daerah, BKN akan menempatkan lokasi lokasi SKD dan SKB di 34 provinsi, dengan perhitungan jarak dan kendala transportasi peserta yang telah terukur.

“Untuk itu BKN sedang menjajaki kerja sama dengan BKD/BKPSDM/BKPP di seluruh provinsi, kabupaten, dan kota yang memiliki fasilitas CAT. Penjajakan serupa dilakukan pula dengan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki fasilitas UKG dan UNBK,” jelasnya.

Dengan kebijakan rekrutmen ini, die mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam menerima informasi yang berkaitan dengan penerimaan CPNS. “Jangan pernah percaya jika ada pihak yang menjanjikan dapat membantu dalam penerimaan CPNS dengan atau tidak dengan imbalan tertentu.”

Informasi resmi penerimaan CPNS hanya berasal dari web dan kanal informasi Kementerian PAN dan RB dan BKN. Untuk BKN telah disediakan berbagai kanal informasi yaitu web www.bkn.go.id serta media sosial twitter.com/BKNgoid, facebook.com/BKNgoid, instagram.com/BKNgoidOfficial serta youtube.com/c/BKNgoidOfficial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper