Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNN Tasikmalaya Tes Urine Pilot dan Pramugari, Ini Hasilnya

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, melakukan tes urine terhadap pilot dan pramugari pesawat rute Halim Perdanakusuma Jakarta-Bandar Udara Wiriadinata Tasikmalaya, Senin.
Ilustrasi-Tes urine/Antara
Ilustrasi-Tes urine/Antara

Bisnis,com, JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, melakukan tes urine terhadap pilot dan pramugari pesawat rute Halim Perdanakusuma Jakarta-Bandar Udara Wiriadinata Tasikmalaya, Senin.

Hal itu untuk memastikan mereka dalam keadaan sehat dan bebas dari pengaruh narkoba saat melakukan pelayanan penerbangan mudik lebaran.

Kepala BNN Kota Tasikmalaya, Tuteng Budiman mengatakan, pemeriksaan dilakukan kepada empat orang, yakni pilot, kopilot dan dua pramugari.

Pemeriksaan menggunakan alat khusus secara mendadak itu, kata dia, hasilnya negatif atau tidak ada zat berbahaya dalam tubuh pilot maupun pramugari.

"Hasil dari tes urine keempat orang yang diperiksa hasilnya negatif," katanya.

Komandan Lanud Wiriadinata Tasikmalaya, PNB M Pandu Adi Subrata mengatakan, upaya BNN tersebut merupakan langkah yang tepat sehingga dipersilakan untuk memeriksanya sebagai bentuk pelayanan menjaga keselamatan saat penerbangan.

"Ini upaya untuk menetralisir narkoba di dunia dirgantara, khususnya penerbangan," katanya.

Jika ada pramugari maupun pilot terbukti mengonsumsi narkoba, kata dia, maka akan diberi sanksi tegas yakni hukuman pidana.

"Jika memang ditemukan, maka pilot atau pramugari bersangkutan akan dilarang untuk melakukan penerbangan dan diproses sebagaimana aturan berlaku," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper