Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CDP Turut Fasilitasi Program Mudik Motor Gratis Kemenhub

Cikarang Dry Port, pelabuhan darat yang dikelola PT Cikarang Inland Port, mengklaim siap mendukung program mudik motor gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada musim libur Lebaran 2018.
Ilustrasi-Pemudik motor/Antara-Asep Fathulrahman
Ilustrasi-Pemudik motor/Antara-Asep Fathulrahman

Bisnis.com, JAKARTA - Cikarang Dry Port, pelabuhan darat yang dikelola PT Cikarang Inland Port, mengklaim siap mendukung program mudik motor gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada musim libur Lebaran 2018.

Untuk Kabupaten Bekasi, motor dari masyarakat peserta program mudik motor dikumpulkan di Stasiun Cikarang kemudian dimuat ke kereta api di Cikarang Dry Port. Fasilitas emplasement di Cikarang Dry Port dinilai lebih mendukung untuk kegiatan bongkar muat sepeda motor dibandingkan dengan Stasiun Cikarang atau Stasiun Lemah Abang.

Masa pendaftaran program ini telah dilakukan sejak 9 Februari 2018. Sementara itu, masa pengangkutan dijadwalkan pada 8--13 Juni 2018 untuk arus mudik serta 19--25 Juni 2018 untuk arus balik. Dengan program ini diharapkan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor dapat ditekan dan beralih mengikuti program ini.

Benny Woenardi, Managing Director Cikarang Dry Port, mengatakan pihaknya di Cikarang Dry Port siap membantu pemerintah dengan mendukung program mudik motor gratis ini.

"Sebagai pelabuhan darat, setiap harinya sekitar 2--3 kereta berhenti di emplasement kami untuk bongkar muat peti kemas baik untuk tujuan domestik maupun untuk ekspor dan impor melalui Pelabuhan Tanjung Priok. Untuk tujuan Surabaya sendiri telah tersedia total 60 perjalanan kereta sebulan melalui Cikarang Dry Port,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/6/2018).

Pada saat peluncuran program Mudik Motor Gratis di Stasiun Jakarta Kota, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau bagi masyarakat yang ingin pulang ini agar mengikuti program mudik gratis.

"Saya mengharapkan jangan menggunakan motor pulang kampung karena jauh, capek juga besar risikonya. Gunakanlah mudik yang gratis dengan motor [diangkut dengan kereta atau kapal] dan juga orangnya,” kata Menhub.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Zulmafendi menambahkan untuk tahun ini target motor yang diangkut sekitar 18.096 unit motor untuk arus mudik dan arus balik disediakan kuota tiket kereta api sebanyak 57.876 tiket. Untuk pendaftar dari Kabupaten Bekasi yang dipusatkan di Stasiun Cikarang sudah mencapai 671 unit motor dan akan terus bertambah.

Sekadar informasi, Cikarang Dry Port mulai beroperasi sejak 2010. Pelabuhan darat ini telah menjadi salah satu infrastruktur vital untuk mendukung kegiatan supply chain dan logistik bagi perusahaan manufaktur di koridor timur Jabodetabek.

Fasilitas pelabuhan darat tersebut telah terintegrasi untuk menunjang seluruh kegiatan secara one stop service. Walaupun berstatus swasta, tambah Benny, Cikarang Dry Port selalu siap untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kelancaran kondisi logistik nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper