Lebaran, Taman Safari Prigen Targetkan Pengunjung Naik 20%

Oleh: Choirul Anam 08 Juni 2018 | 02:45 WIB
Satwa di Taman Safari Prigen di Jawa Timur./Antara-Umarul Faruq

Bisnis.com, MALANG – Taman Safari Prigen (TSP), Kab. Pasuruan, Jawa Timur, menargetkan pengunjung naik 20% pada liburan panjang Lebaran bila dibandingkan dengan libur akhir pekan.

Marketing Communication Manager TSP Ashrully Setia mengatakan pada libur akhir pekan pengunjung mencapai 10.000 wisatawan per hari. Dengan libur Lebaran yang panjang, diharapkan ada kenaikan signifikan bila dibandingkan liburan akhir pekan sebanyak 20%.

“Selain liburan panjang, peningkatan kunjungan wisatawan ke TSP juga dipicu penambahan kawasan baru, yakni Australiana,” ucapnya di Malang, Jatim, Kamis (7/6/2018).

Dalam kawasan tersebut, ada satwa-satwa yang berasal dari Australia di areal seluas sekitar 6 hektare.

Australia Zone akan menjadi pelengkap kawasan-kawasan satwa di TSP sebelumnya, yakni Amerika-Eropa, karnivora, dan Afrika.

Satwa asal Australia, seperti wombat, kanguru, wallaby red necked, wallaby grey, hingga wallaby red. Exibhitnya juga diatur sedemikian rupa agar menyerupai habitat aslinya di Australia.

Dia menjelaskan Australia Zone akan dibuka saat libur Lebaran mendatang. Dengan adanya Australiana, nantinya diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan dari berbagai daerah khususnya Jatim.

“Selain kawasan baru, Australia Zone, kami juga menyiapkan special show untuk liburan Lebaran, yakni Legend of Nick 008 yang berada di panggung dolphin pada 13-24 Juni 2018,” kata Ashrully.

Legend of Nick 008 bercerita tentang penyelamatan oleh satwa anjing laut dan kawan-kawan terhadap bajak laut yang mencurigakan.

Manager Edukasi TSP Eko Windarto menambahkan pada periode terdekat ada kelahiran satwa baru di TSP, mulai dari cotton top tamarin, singa Afrika, harimau putih, mandril, Llama, glama, babi rusa, sable antelope, dan kura-kura kaki gajah yang bertelur.

“Babi rusa melahirkan satu ekor jantan bernama Marindo pada 18 Januari 2018. Sama halnya dengan babi rusa yang melahirkan 1 ekor jantan, llama glama bernama Otong pun lahir pada 6 Januari 2018,” ujar Eko.

Manager Baobab Safari Resort Agung Anggoro mengatakan pemesanan kamar pada liburan Lebaran di Baobab Safari Resort sudah banyak. Dari 148 kamar yang tersedia, mulai dari tipe deluxe, junior suite, dan premium, 90% telah dipesan terutama oleh wisatawan asal Surabaya dan Gresik.

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer