Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Layani Pemudik, Pelindo III Sediakan Hotel Kapsul

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menyediakan sejumlah fasilitas anyar di Terminal Gapura Surya Nusantara untuk melayani para pemudik. Fasilitas itu diklaim setara dengan fasilitas serupa yang ada di bandara.
SNQ Capsule Hotel di Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak./Istimewa
SNQ Capsule Hotel di Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menyediakan sejumlah fasilitas anyar di Terminal Gapura Surya Nusantara untuk melayani para pemudik. Fasilitas itu diklaim setara dengan fasilitas serupa yang ada di bandara.

Direktur Utama Pelindo III Ari Askhara mengatakan perseroan menyediakan ruang akomodasi kubikal bernama SNQ Capsule Hotel. Di bandara internasional sejumlah negara, hotel kapsul menjadi fasilitas umum bagi penumpang yang ingin beristirahat.

Pelindo III mematok tarif Rp75.000 per enam jam dan Rp180.000 per hari bagi penumpang yang berminat menginap dalam kapsul.

"Tamu bisa mendapatkan fasilitas televisi, terminal USB, penyejuk udara, dan lampu baca," jelasnya dalam keterangan resmi, Kamis (7/6/2018).

Selain hotel kapsul, di terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Perak, Pelindo III juga menyediakan keran air siap minum, ruang tunggu berpenyejuk udara, dan jaringan internet gratis. Juga terdapat ruang bermain untuk anak-anak, pujasera, ruang laktasi, dan ruang lansia.

Ari menekankan fasilitas-fasilitas tersebut tidak hanya disiapkan di di Pelabuhan Tanjung Perak, tapi juga di pelabuhan lain yang menjadi gerbang debarkasi dan embarkasi pemudik, antara lain Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Banjarmasin, Benoa Bali, Tanjung Wangi Banyuwangi, Sampit Kotawaringin Timur, dan Kumai Kotawaringin Barat.

Menurutnya, seluruh pelabuhan yang dikelola perseroan memiliki standard pelayanan yang sama.

Selain fasilitas, Pelindo III telah membentuk Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2018 yang diperkuat petugas dari lintas instansi, di antaranya dari Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Otoritas Pelabuhan, Kantor Kesehatan Pelabuhan. Posko yang sudah dibentuk sejak 31 Mei 2018 itu bertugas memastikan keselamatan dan keancaran perjalanan pemudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper