Pelindo III Siapkan Hotel Capsule di Tanjung Perak

Oleh: Peni Widarti 07 Juni 2018 | 15:50 WIB
Pelindo III Siapkan Hotel Capsule di Tanjung Perak
Sejumlah buruh angkut berlarian menuju kapal Pelni Nggapulu asal Makassar, Sulawesi Selatan, ketika berlabuh di Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Senin (4/6). /Antara-Zabur Karuru

Bisnis.com, SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III melalui anak usahanya di bidang properti PT Pelindo Properti Indonesia (PPI) menyiapkan hotel kapsul SNQ Capsule untuk mengakomodasi kebutuhan penumpang kapal yang menunggu keberangkatan kapal hingga berjam-jam di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

CEO Pelindo III, Ari Askhara mengatakan menjelang momen mudik Lebaran tahun ini perseroan ingin menyiapkan fasilitas terminal pelabuhan yang memadai dan layak bagi penumpang yang harus menunggu keberangkatan kapal.

"SNQ Capsule Hotel atau kubikal tempat tidur yang biasa disebut pod ini seperti yang ada di beberapa airport internasional di dunia. Hotel ini akan melengkapi fasilitas modern lainnya," katanya dalan rilis, Kamis (7/6/2018).

Dia mengatakan hotel capsule yang ditawarkan dengan harga Rp75.000/6 jam atau Rp180.000/hari tersebut dilengkapi dengan fasilitas televisi dengan headset, terminal USB, penyejuk udara, dan lampu baca.

"Di terminalnya sendiri juga ada fasilitas pendukung seperti keran air siap minum, ruang tunggu eksklusif berpendingin udara, wifi, playground untuk anak, pujasera, ruang laktasi dan ruang lansia, serta gerai ATM," imbuh Ari.

Dia menambahkan penyiapan fasilitas terminal penumpang tidak hanya di Pelabuhan Tanjung Perak, tetapi juga disiapkan di pelabuhan-pelabuhan lain yang menjadi gerbang embarkasi dan debarkasi pemudik. Di antaranya yakni Tanjung Emas Semarang, Banjarmasin, Benoa Bali, Tanjung Wangi Banyuwangi, Sampit Kotawaringin Timur, dan Kumai Kotawaringin Barat.

Sebagai upaya pengamanan mudik Lebaran, Pelindo III bekerja sama dengan instansi lainnya menyiapkan Posko Angkutan Laut 2018 yang diperkuat petugas Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Otoritas Pelabuhan, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Orari, Pramuka, dan petugas operasional serta anggota Port Security Facility Officer Pelindo III. Adapun Posko tersebut ada yang sudah siaga sejak 31 Mei lalu hingga 1 Juli 2017.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya