Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUDIK LEBARAN, Pertamina Semarang Bagi Tips Aman dari Kehabisan BBM

Masyarakat yang hendak mudik dan berwisata agar mengisi tangki full di SPBU.
Petugas mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke truk tangki BBM./Antara-Zabur Karuru
Petugas mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke truk tangki BBM./Antara-Zabur Karuru

Bisnis.com, SEMARANG - Menjelang arus mudik yang diperkirakan akan berlangsung 8 sampai 13 Juni nanti, PT Pertamina MOR IV Jateng DIY siapkan stok tambahan BBM sebanyak 30%.

Unit Manager Communication & CSR MOR IV Jateng & DIY, Andar Titi Lestari mengatakan, dengan catatan tren peningkatan konsumsi BBM dan LPG yang terjadi selama ini, Pertamina telah menyiapkan stok tambahan yang bervariasi di tiap daerah.

Secara rinci Andar menjelaskan, Gasoline (Premium dan Pertamax Series) yaitu dari 11.394 Kiloliter (KL) menjadi 15.514 KL dan Gasoil (Solar/Bio + Pertamina Dex series) akan mengalami penurunan -10% dari normalnya 5.740 KL menjadi 5.166 KL dikarenakan penurunan aktivitas pengiriman dan pembatasan angkutan barang.

Meski demikian, Pertamina Dex dan Dexlite akan mengalami kenaikan 37% den 43% untuk BBM dan rata-rata kenaikan 8 % untuk LPG (PSO & Non-PSO) dibandingkan rata-rata konsumsi harian 2018 atau setara dengan 28.736.410 tabung dari rata-rata normalnya 26.162.813 tabung.

"Kami tahun ini sangat siap dalam menghadapi arus mudik dengan memperbanyak stok tambahan bahan bakar capai 30% pada hari biasa," ujar Andar Senin (4/6/2018).

Sementara itu, lanjut Andar Pertamina telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) yang mulai aktif bekerja pada H-15 hingga H+15 ldul Fitri.

Bahkan menurut Andar, pada H-5 sampai H+5 ldul Fitri, supply point atau TBBM di wilayah Jateng dan DIY akan beroperasi selama 24 Jam. Hal tersebut, sebagai antisipasi padatnya arus mudik lebaran yang menyebabkan kemacetan, beberapa SPBU yang berada di beberapa Iokasi strategis pun akan beroperasi selama 24 jam.

"Strategi pembentukan SATGAS ini juga diperkuat dengan dibentuknya 27 SPBU dan 23 SPBE kantong yang tersebar di berbagai Iokasi guna memperpendek jarak dan waktu tempuh mobil tangki. Ditambah adanya 7 serambi & 25 Kios Kemasan Pertamax diharapkan mampu menambahkan akses kemudahan masyarakat untuk memperoleh BBM," jelasnya.

Selain itu, kata Andar Motorist BBM dengan kapasitas angkut BBM hingga 30 liter, disiagakan sebanyak 200 unit yang tersebar di 160 titik. Apabila ada kepadatan, Motorist BBM akan menembus kemacetan dengan bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk pengondisian jalan.

Pelayanan Motorist ini bersifat darurat dan membantu masyarakat untuk mendapatkan BBM, oleh karena itu kami menghimbau untuk mengisi tangki penuh sebelum memulai perjalanan," tambahnya.

Disisi lain, fasilitas Kiosk pada mudik Iebaran tahun sebelumnya, pada tahun ini Pertamina MOR IV juga telah menyiapkan fasilitas untuk transaksi menggunakan EDC dari bank Mandiri, BNI dan Bank BRI sehingga pemudik dapat menggunakan kartu debit dan e money untuk membeli BBM di Kiosk.

Menurutnya, disamping memastikan kesediaan suplai BBM, Pertamina MOR IV juga menjamin ketersediaan LPG di wilayah Jateng dan DIY dengan menambah armada skid tank, menyiapkan 397 Agen Siaga & 5191 Pangkaian Siaga yang untuk wilayah tertentu beroperasi 24jam serta konsumen dapat dimudahkan memesan Bright Gas menggunakan Iayanan BrightHome Service yang saat ini dapat menjangkau wilayah kota Semarang dan kota Yogyakarta.

Adapun, melalui aplikasi Bright Home Service, konsumen dapat dengan mudah memesan produk LPG lewat aplikasi Bright Home Service yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store.

"Kami menghimbau bagi masyarakat yang hendak mudik dan berwisata agar mengisi tangki full di SPBU sebelum berangkat dan untuk mempermudah menemukan SPBU terdekat saat perjalanan, masyarakat dapat mengunduh aplikasi Pertamina GO atau menghubungi layanan kontak Pertamina di 1-500 000," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper