Penjualan Buah Melonjak 100%, Pelaku Ritel Harapkan Berkah Hari Raya

Oleh: Feri Kristianto 30 Mei 2018 | 15:52 WIB
Penjualan Buah Melonjak 100%, Pelaku Ritel Harapkan Berkah Hari Raya
Konsumen membeli buah di gerai ritel milik Coco Group./Bisnis-Feri Kristianto

Bisnis.com, DENPASAR—Hari Raya Galungan dan Kuningan berdampak terhadap meningkatnya penjualan buah-buahan di pelaku usaha toko ritel hingga 100% dibandingkan dengan hari normal.

Pjs Ketua DPD Aprindo Bali Anak Agung Ngurah Agung Agra Putra menuturkan peningkatan itu terjadi karena buah-buahan dibutuhkan untuk kelengkapan upacara keagamaan. Hal itulah yang membuat permintaanya meningkat signifikan.

“Saat Galungan, buah bisa mencapai 100% penjualannya. Kalau untuk sirup serta produk-produk biskuit kaleng itu juga biasanya menjelang Lebaran penjulannya juga bisa mencapai 100% dibandingkan dengan kondisi normal,” tuturnya, Rabu (30/5/2018).

Dia menjelaskan hanya penjualan buah-buahan yang mengalami peningkatan tajam. Adapun produk lainnya seperti kebutuhan sehari-hari biasanya justru mengalami penurunan. Namun, untuk jenis produk ritel lain seperti pakaian biasanya akan naik ketika paska Galungan dan menjelang Idul Fitri.

Agra mengharapkan pada tahun ini pelaku usaha ritel mengharapkan ada pertumbuhan signifikan dengan berdekatannya perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan, Waisak serta Idul Fitri. Pada Idul Fitri tahun lalu, pelaku usaha ritel di Bali tidak mendapatkan penjualan seperti yang diharapkan.

“Tetapi untuk tahun ini sepertinya dengan kondisi ekonomi yang cukup stabil, dan dengan adanya momment 3 hari raya yang berdekatan sepertinya ada pertumbuhan cukup baik di periode ini,” jelasnya.

Dia optimistis momen kali ini industri ritel di Bali bisa menggapi pertumbuhan hingga 12% pada triwulan II/2018 berkat jatuhnya perayaan hari raya. Diakuinya perayaan hari raya kali ini menjadi angin segar bagi industri ritel di Bali karena pada periode-periode sebelumnya khususnya sejak 2017 hingga triwulan I/2018, hanya tumbuh satu digit.

Harapan besar juga diungkapkan oleh Managing Director Coco Group Wayan Sudira. Dia mengakui tanda-tanda peningkatan penjualan sudah terlihat di sejumlah gerai Coco. Sudira berharap dalam beberapa hari ke depan masyarakat akan datang ke gerai ritel untuk memenuhi kebutuhan menjelang perayaan Kuningan dan Idul Fitri.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya