INFRASTRUKTUR BENDUNGAN : Proyek Tahap II Karalloe di Gowa Dipercepat

Oleh: k36 30 Mei 2018 | 02:00 WIB
INFRASTRUKTUR BENDUNGAN : Proyek Tahap II Karalloe di Gowa Dipercepat
Bendungan Raknamo (ilustrasi)/Kementerian PUPR

Penandatanganan kontrak tersebut disaksikan langsung oleh Pj Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono.

Mukhlisun, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bendungan Karalloe mengatakan, pada tahap II pembangunan ini, anggaran yang digelontorkan sebesar Rp575 miliar dengan masa pengerjaan kurang lebih 2 tahun.

“Setelah penandatanganan kontrak hari ini, paling lambat kami akan langsung melakukan pengerjaan tahap II di akhir Juni mendatang,” kata Mukhlisun di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (28/5).

Adapun pembangunan bendungan tahap II tersebut akan fokus pada pengerjaan tubuh bendungan. Selain itu akan dilakukan pula pengerjaan instrumentasi seperti penimbunan di lahan pembangunan tubuh bendungan.

Mukhlisun juga memaparkan saat ini pembangunan tahap I Bendungan Karalloe juga masih dalam perampungan, di mana progres pembangunannya kini mencapai 53%. Pembangunan tahap I Bendungan Karalloe sendiri sudah memakan anggaran sebesar Rp300 miliar dari target keseluruhan sebesar Rp512 miliar.

“Pembangunan tahap I kami targetkan selesai pada Desember 2019. Kendalanya kemarin kan karena adanya perpanjangan izin,” ungkap Mukhlisun.

Secara efektif, kata Mukhlisun, pihaknya telah mulai bekerja sejak Maret 2017.

Namun, karena terkendala pada kasus pembebasan lahan. Pengerjaan Bendungan Karalloe Gowa sempat mandeg. Permasalahan pembebasan lahan juga perpanjangan izin baru bisa dirampungkan pada Desember 2017.

Pj Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono menambahkan meski secara keseluruhan tak ada lagi kendala berarti dalam proses pembangunan Bendungan Karalloe, namun dia mengaku akan tetap melakukan peninjauan lokasi.

“Pembangunan Bendungan Karalloe ini diharapkan bisa memberikan manfaat terhadap dua daerah yang masuk dalam wilayah pembangunannya. Jadi ya, biar lebih mantap akan kami tinjau dululah,” ungkap Soni.

Editor: Roni Yunianto

Berita Terkini Lainnya