Nutritionist dari Nestle Indonesia, Eka Herdiana, saat memberikan paparan dalam kegiatan Nutrition Training Nestle di Jakarta, Rabu 30 Mei 2018./JIBI-Yoseph Pencawan
Health

Begadang dan Tidur Tak Teratur Saat Ramadan? Ini Dampaknya

Yoseph Pencawan
Rabu, 30 Mei 2018 - 22:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Selama berpuasa, tubuh kerap mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan yang menyebabkan sakit kepala, mudah lelah dan sulit berkonsentrasi, serta konstipasi.

Selama berpuasa sekitar 13 jam, seseorang juga seringkali melupakan kebutuhan gizi akibat keterbatasan waktu makan dan minum. Padahal, terpenuhinya gizi merupakan komponen penting untuk mendukung aktivitas sepanjang hari.

Selain itu, menurut Nutritionist dari Nestle Indonesia, Eka Herdiana, ada dua hal lain lagi yang tak kalah penting yang harus kita perhatikan saat berpuasa, yakni kecukupan tidur dan melakukan olahraga.

"Penelitian membuktikan bahwa pada saat puasa efek kurang tidur menyebabkan penurunan kemampuan akademis pada anak, kemampuan kognitif pada remaja serta performa kerja pada orang dewasa," jelasnya dalam Nutrition Training yang digelar Nestle di Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Untuk menghindari kondisi tersebut, lanjut Eka, Anda harus memastikan diri sendiri dan keluarga mendapatkan tidur yang cukup selama 6-8 jam untuk dewasa dan 8-10 jam untuk anak-anak.

Di samping istirahat yang cukup, jangan enggan melakukan olahraga.

Sebenarnya secara kesehatan, Anda sudah boleh mulai melakukan olahraga sejak hari ketiga puasa. Hal itu untuk memberikan tubuh waktu untuk beradaptasi pada perubahan pola makan.

Namun, dia menganjurkan agar menghindari melakukan pekerjaan berat sebelum berolahraga dan memilih olahraga yang ringan seperti jogging, aerobik ringan, yoga atau pilates.

"Bagaimana dengan latihan beban? Latihan beban bisa dilakukan setelah berbuka puasa dengan durasi latihan maksimal satu jam," terang Eka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Editor : Annisa Margrit
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro