Nutritionist dari Nestle Indonesia, Eka Herdiana, saat memberikan paparan dalam kegiatan Nutrition Training Nestle di Jakarta, Rabu 30 Mei 2018./JIBI-Yoseph Pencawan
Health

Tips Praktis Agar Tetap Bugar Saat Berpuasa

Yoseph Pencawan
Rabu, 30 Mei 2018 - 22:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Secara umum, mengonsumsi gizi yang seimbang dan mencukupi kebutuhan cairan menjadi prinsip dasar untuk menjaga kondisi tubuh dalam keseharian.

Namun, saat berpuasa terdapat beberapa tips yang bisa membantu agar tetap dapat tampil bugar dan beraktivitas maksimal apapun bidang pekerjaan atau rutinitas Anda. Menurut Nutritionist dari Nestle Indonesia, Eka Herdiana, pada saat sahur kita perlu mengusahakan untuk makan mendekati waktu Imsak agar memperpendek jeda waktu puasa dan berbuka.

"Utamakan mengonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks seperti beras merah, beras cokelat, biji-bijian, dan oat. Makanan jenis ini lebih bergizi dan lebih lambat dicerna sehingga kita tidak mudah merasa lapar," paparnya dalam Nutrition Training yang digelar Nestle di Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Selain itu, lanjut Eka, kita juga perlu mengonsumsi makanan berkuah dan rendah lemak yang akan menghambat proses pencernaan sehingga membuat kenyang lebih lama. Nah, saat berbuka puasa, menu berbuka tidak perlu berlebihan supaya lambung dan saluran pencernaan tidak kaget.

Cukup dengan 2-4 buah kurma dengan segelas teh, jus atau susu, dan segelas air putih.

Anda juga perlu menghindari berbuka dengan makanan berkadar gula tinggi karena sulit dicerna. Makanan berkadar garam tinggi pun mesti dihindari karena mudah menyebabkan haus.

Beri jeda waktu sekitar 1 jam antara buka puasa dengan makan malam agar lambung yang sudah seharian tidak menerima makanan mempunyai waktu untuk menyesuaikan diri.

"Pada saat makan malam, pilihlah menu makanan yang berkuah seperti sup, tumisan dan rebus-rebusan serta buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, jeruk dan melon," tuturnya.

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang cukup guna memenuhi kebutuhan gizi seimbang serta memastikan sayur dan buah memenuhi setengah porsi piring.

Mengonsumsi buah-buahan yang mengadung banyak air sebagai makanan camilan setelah makan malam juga sangat dianjurkan.

"Sebelum tidur, minumlah 3-4 gelas air putih," tambah Eka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Editor : Annisa Margrit
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro